51 Penumpang dan ABK KM. Ambu-Ambu di Isolasi

Metro-738 hit 22-05-2020 17:15
Tim Satgas Covid Matra Laut Sumbar bersiap mengevakuasi 51 penumpang KMP Ambu-Ambu untuk jalani isolasi, Jumat pagi (22/5). (Dok : Satgas Covid Matra Laut Sumbar)
Tim Satgas Covid Matra Laut Sumbar bersiap mengevakuasi 51 penumpang KMP Ambu-Ambu untuk jalani isolasi, Jumat pagi (22/5). (Dok : Satgas Covid Matra Laut Sumbar)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Sebanyak 51 orang penumpang KMP Ambu-Ambu yang sedianya akan merapat di pelabuhan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai dipaksa balik kembali ke Pelabuhan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang oleh pihak Satgas Covid Matra Laut Sumbar, Rabu (20/5).

Pasalnya, satu diantara 51 orang yang berada di kapal itu diketahui berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) virus Corona. Sesampai kembali di Pelabuhan Bungus, Jumat pagi (22/5), semua penumpang kapal itu segera menjalani isolasi.

"Benar, sebanyak 51 orang penumpang KMP Ambu-Ambu kami isolasi dan juga menjalani pemeriksaan sampel swab. Sebab satu dari 51 orang penumpang kapal itu berstatus ODP, karena sebelumnya sempat kontak dengan pasien positif Covid-19 di Tuapejat," kata Koordinator Satuan Tugas (Satgas) Satgas Covid Matra Laut Sumbar, Yosmeri saat dihubungi Arunala.com , Jumat (22/5).

Baca Juga

Yosmeri menerangkan, sebagian dari penumpang kapal itu ada yang bertugas di Sikakap seperti anggota Polsek dan anggota Kamla setempat termasuk satu orang kepala pelabuhan Sikakap.

Dia menambahkan, para penumpang kapal Ambu-Ambu ini akan jalani masa isolasi di Diklat Kemenag Sumbar, di Padang Baru, Kota Padang.

"Seiring itu mereka juga akan menjalani pemeriksaan sampel swab mereka oleh pihak Laboratorium Kesehatan Unand, di Jumat itu," terang Yosmeri lagi.

Yosmeri menjelaskan, diketahuinya ada satu penumpang yang berstatus ODP setelah kapal itu berlayar di tengah laut menuju Sikakap.

"Mengetahui kondisi serupa itu, kami langsung memberikan informasi kepada pemkab setempat dan juga tim gugus tugas Covid Mentawai itu melarang KMP Ambu-Ambu sandar di pelabuhan Sikakap.

Dan itu dilakukan pihak pemkab di sana, dengan menyuruh kapal itu balik lagi ke Padang. "Karena kondisi badai di laut kemarin, maka kapal baru bisa sandar di Bungus Jumat pagi, dan penumpangnya langsung kami evakuasi dan selanjutnya menjalani proses isolasi," kata Yosmeri.

Komentar