Pemkab Padangpariaman Bayarkan Penggantian 27 Bidang Tanah

Metro- 08-04-2022 15:47
Bupati Suhatri Bur beri penjelasan saat penyerahan ganti rugi tanah yang terkena pembangunan Tol Padang-Pekanbaru, Jumat (8/4). (Dok : Istimewa)
Bupati Suhatri Bur beri penjelasan saat penyerahan ganti rugi tanah yang terkena pembangunan Tol Padang-Pekanbaru, Jumat (8/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala - Jumat ini (8/4), Pemkab Padangpariaman kembali membayarkan ganti rugi lahan sebanyak 27 bidang tanah yang terkena proyek pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru yang ada di kabupaten tersebut, di Hall IKK Parit Malintang.

Puluhan bidang tanah dibayarkan ganti rugi untuk percepatan pembangunan jalan Tol itu berada di Kecamatan Batang Anai--Buayan dan sekitarnya.

"Saya aturkan terimakasih kepada masyarakat yang telah bersedia menyerahkan harta dan asetnya berupa tanah demi kepentingan umum dan percepatan penyelesaian Tol ruas Padang-Pekanbaru," kata Suhatri Bur di sela-sela penyerahan biaya ganti rugi tanah tersebut.

Baca Juga

Dia juga meminta, bagi warga yang telah mendapatkan biaya penggantian jalan Tol itu, agar dapat mengalihkan dana yang diterimanya ke wilayah lain sehingga tanah yang merupakan peninggalan nenek moyang pada zaman dulu tidak habis begitu saja.

"Kalau dapat, dana yang diterima ini agar tidak digunakan secara konsumtif dengan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, apalagi menjelang lebaran seperti ini. Alih-alih demikian, sebaiknya uangnya dibelikan tanah di tempat lain sehingga aset yang dimiliki sebelumnya tidak habis begitu saja," pesan Suhatri Bur.

Sedangkan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertanahan (PUPR) Sumbar mewakili gubernur, Rifda Suryani, menyampaikan agar seluruh pihak terkait dapat bekerja sama dalam upaya percepatan pembayaran ganti rugi Tol dan percepatan pembangunan Tol ruas Padang-Pekanbaru dapat dilanjutkan.

"Semoga apa yang telah Bapak dan Ibu korbankan bisa menjadi amal ibadah karena telah membantu proyek strategis nasional ini," ujar Rifda.

Sedangkan, laporan dari Kepala Kantor BPN Sumbar, Barat Syaiful, menjelaskan penerima pembayaran ganti rugi Tol yang akan dibayarkan pada Jumat itu berjumlah 27 orang, dan penerima ganti kerugian pohon dan tanaman sebanyak 18 orang dengan total pembayaran Rp13,9 miliar.

Syaiful berharap, pihak terkait dapat menyelesaikan kelengkapan dokumen untuk mendukung percepatan pembayaran.

"Dengan cepatnya penyelesaian dokumen, ganti kerugian tol ini dapat segera dibayarkan, semoga dananya dapat digunakan oleh penerima untuk kepentingan yang baik dan tidak menghamburkan secara konsumtif." harapnya.

Agenda pembayaran ganti kerugian pengadaan tanah pembangunan jalan Tol ruas Padang-Pekanbaru ini turut dihadiri segenap unsur Forkopimda, Kepala OPPD dan undangan lainnya.

Komentar