Lucyanel Genius Resmi Raih Gelar Doktor Ilmu Lingkungan

Metro- 23-05-2022 14:54
Lucyanel Genius saat menjawab pertanyaan tim penguji saat ujian Disertasi di Pasca Sarjana UNP Padang, Senin siang (23/5). (Foto : Arzil)
Lucyanel Genius saat menjawab pertanyaan tim penguji saat ujian Disertasi di Pasca Sarjana UNP Padang, Senin siang (23/5). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pariaman, Lucyanel Genius Umar resmi menyandang gelar Doktor untuk Ilmu Lingkungan.

Gelar Doktor ini disandang Lucyanel setelah dirinya dengan mantap dan penuh percaya diri menjawab berbagai pertanyaan yang diberikan sembilan orang tim penguji terhadap Disertasi yang berhasil dipertahankan Lucyanel dalam ujian gelar Doktor Ilmu Lingkungan dari UNP Padang ini, Senin (23/5).

Adapun tim pengujinya adalah Prof Dr Eri Barlian MS (Ketua Program Studi S3 Ilmu Lingkungan UNP), Prof Dr Dasman Lanin MPd, PhD, Prof Dr Dedi Hermon MP, Prof Dra Yeni Rozimela M,Ed Phd, Prof Dr Indang Dewata M,Si, Prof Dr Atmazaki MPdMPd, lalu Prof Ganefri PhD, serta satu orang penguji luar yakni Prof Dr Ilham Sentosa dari Univercity Kuala Lumpur (UniKL) Malaysia.

Baca Juga

Judul Disertasi yang dibuat Lucyanel yakni Model Kebijakan Pengembangan Healthy City di Kota Pariaman".

Ujian gelar Doktor yang dijalani Lucyanel diselenggarakan di ruangan ujian tertutup Disertasi Gedung Pasca Sarjana UNP Padang yang hanya dihadiri calon Doktor dan para penguji.

Salah seorang tim penguji yakni Profesor Ilham Sentosa PhD menyebut, hari ini (Senin, red) berhasil melahirkan seorang Doktor dari konsentrasi Ilmu Lingkungan.

"Keberhasilan Lucyanel meraih gelar Doktor jadi kebanggaan bagi Kota Pariaman, karena hasil Disertasi tersebut merupakan langkah nyata bagi Kota Pariaman untuk menuju kota Healhty City," kata Ilham Sentosa saat menjawab Arunala.com seusai ujian Disertasi tersebut.

Konsep Healthy City yang ada dalam Disertasi Lucyanel itu memuat beberapa komponen yakni penataan lingkungan, penataan dari segi masyarakat, bagaimana melahirkan ekosistem yang sehat itu seperti apa, dan komponen terakhir menyangkut.

"Dan Alhamdulillah, dari Disertasi yang dibuat Lucyanel bisa telah berhasil mempertahankannya dalam ujian Doktor ini, dan saya yakin ini akan jadi langkah berkelanjutan bagi Kota Pariaman dalam mewujudkan Healthy City ini," ujar Ilham Sentosa.

Menyinggung nilai Disertasi yang diperoleh Lucyanel, Ilham Sentosa menyebutkan, nilai yang diraih sangat-sangat memuaskan. Itu diketahui setelah hampir 1,5 jam lamanya Lucyanel mengikuti ujian Doktornya.

"Dengan berhasilnya Lucyanel mempertahankan Disertasinya, maka tim penguji memutuskan dirinya sudah berhak menyandang gelar Doktor di bidang Ilmu Lingkungan," ucap Ilham Sentosa lagi.

Sedangkan Lucyanel menjelaskan dasar Disertasi yang dia buat karena berangkat dari keinginan dirinya mengembangkan Healthy City di Kota Pariaman untuk menjadi kota yang sehat dalam artian luas.

"Maksud dari kata sehat itu, yakni kesehatan masyarakatnya optimal, kemudian kehidupan sosial masyarakatnya ramah, lalu secara ekonomi pendapatan penduduknya memadai dan secara tempatnya layak untuk dihuni secara berkelanjutan," kat Lucyanel.

Dia menginginkan hasil Disertasi yang dibuatnya akan jadi masukan dan rujukan bagi Pemko Pariaman dalam menciptakan Healthy City dalam bentuk kebijakan.

Sementara itu, terlihat hadir mendampingi Lucyanel saat mengikuti ujian Disertasinya di UNP, yakni Wali Kota Genius Umar, Kadis Kominfo, Feri Ferdian Bagindo Putra, dan beberapa orang staf.

Komentar