Pandai Baca Quran, Orang Tua Dapat Mahkota di Akhirat

Edukasi- 26-05-2022 15:20
Penampilan salah satu murid SD Baiturrahmah saat Khatam Al Quran ke-XIX di Gedung Serbaguna SD Baiturrahmah, Kamis (26/5). (Foto : Fajril)
Penampilan salah satu murid SD Baiturrahmah saat Khatam Al Quran ke-XIX di Gedung Serbaguna SD Baiturrahmah, Kamis (26/5). (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Seorang anak penting mempelajari Al Quran. Pasalnya, saat umat manusia dibangkitkan di Padang Mahsyar kelak, maka akan ada orang-orang yang kepalanya dinaungi mahkota indah.

Mereka adalah yang mampu mendidik anak-anaknya membaca Al Quran dengan baik.

"Nanti ketika kita dibangkitkan di Padang Mahsyar, akan terlihat orang-orang berjalan di kepalanya ada mahkota dari cahaya. Orang bertanya kepada malaikat. Malaikat menjawab, itu adalah para orang tua yang anaknya pandai baca Al Quran," kata Pimpinan TK dan SD Baiturrahmah, Yunafri, saat Khatam Al Quran ke- XIX TPQ/TQA SD Baiturrahmah di Gedung Serbaguna SD Baiturrahmah, Kamis (26/5).

Baca Juga

Khatam Al Quran bertemakan Wujudkan Generasi Muda Cinta Membaca dan Menghafal Al Quran ini diikuti sebanyak 36 murid.

Terdiri dari 13 murid laki-laki dan 23 murid perempuan. Di samping kegiatan tersebut, juga dilaksanakan lomba tahfiz antar-murid SD Baiturrahmah.

Turut hadir Kepala SD Baiturrahmah Rina Yanti beserta guru, murid dan orang tua murid.

Mendidik anak membaca Al Quran, sebut Yunafri, tidak harus oleh orang tuanya langsung. Tapi bisa juga dengan memasukkan anak-anak ke TPQ.

"SD Baiturrahmah konsern hal tersebut. Tak hanya pendidikan umum semata, sekolah ini juga mendidik anak-anak berkarakter dan pandai baca Al Quran," tuturnya.

Ia mengatakan salah satu kelebihan sekolah ini memiliki TPQ/TQA. Saat ini sudah ada lima kelompok tahfiz. Dan, setiap hari anak-anak diajarkan baca Al Quran serta praktik ibadah.

Bahkan, setiap murid yang akan menamatkan sekolah wajib hafal minimal 3 juz Al Quran.

"Salah satu bentuk syukurannya diadakan kegiatan Khatam Al Quran di mana murid akan dibekali sertifikat baca Al Quran," ungkap Yunafri.

Sementara itu, Kepala TPQ/TQA Mushala Baiturrahmah Dr Syafrulnalus MA mengatakan khatam Al Quran ini memberikan manfaat bagi para murid untuk memperdalam dan menghayati Al Quran secara berkelanjutan.

"Membaca Al Quran jangan sampai berhenti di sini saja. Setelah khatam lanjutkan memperdalam, menghayati bahkan menghafal isi kandungan Al-Quran," ungkapnya.

Ia mengatakan berungtunglah jika ada anak sebagai penghafal Al Quran.

"Janji Allah Swt untuk para penghafal Al Quran, Allah akan memberikan kepada mereka di akhirat; mahkota kehormatan. Ini sebuah kebahagiaan dan kehormatan yang hakiki sesungguhnya pada hari kiamat," ungkap Syafrulnalus.

Belajar Al Quran, sebut Syafrulnalus, butuh konsistensi berkelanjutan, dan murid membutuhkan sokongan dari orangtuanya. Pasalnya, sekolah hanya bisa menghantarkan mereka sampai mereka mampu membaca Al Quran.

"Dari yang tadinya sama sekali tidak mampu membaca Al Quran menjadi mengerti. Kepada anak-anak, khatam Al Quran bukan berarti selesai. Namun, jauh lagi perlu kita mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari," ajaknya.

Komentar