Alirman Sori: Mahasiswa jangan Dangkal Pemahaman Soal Kebangsaan

Metro- 25-05-2022 16:40
Anggota DPD RI, Alirman Sori saat berikan sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada  mahasiswa di UNP Padang, Rabu (25/5). (Dok : Istimewa)
Anggota DPD RI, Alirman Sori saat berikan sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada mahasiswa di UNP Padang, Rabu (25/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Sebanyak 150 orang mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) yang yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Pesisir Selatan (Imapess), mengikuti Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

Sosialisasi yang menampilkan Anggota DPD RI, Alirman Sori sebagai pemateri itu diadakan di Hospitality Center UNP Padang, Rabu siang (25/5).

Anggota DPD RI asal Sumbar ini menyampaikan, sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan diperlukan guna mencegah penyebaran mata rantai penyebaran radikalisme dan demoralisasi bangsa.

Baca Juga

"Nah, tanggung jawab kita sebagai anak bangsa, perlu membangun kebersamaan dan hidup berdampingan dan saling membutuhkan," ujar Alirman Sori.

Selain itu, dia juga mengatakan generasi muda juga berperan menanamkan dan menumbuh kembangkan semangat kebangsaan, dan nasionalisme.

Apa yang disampaikan Senator Alirman Sori itu bukan tidak beralasan, mengingat dirinya menilai tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini antara lain terjadinya degradasi pemahaman akan kehidupan beragama.

Alirman Sori mengingatkan, generasi muda jangan sampai dangkal pemahamannya dalam menyikapi kemajemukan atau kebhinekaan berbangsa.

Dari pengamatannya, Alirman Sori menilai dangkalnya pemahaman kemajemukan, semangat kebangsaan dan nasionalisme juga dimiliki beberapa pemimpin.

"Ini bisa dilihat dengan adanya para pemimpin itu yang makin sulit menghargai perbedaan, bahkan kadang saling serang dan menyalahkan," tukas Alirman Sori lagi.

Kemudian menyinggung masalah supremasi hukum di Indonesia, Alirman Sori menilai, untuk hal itu masih terkesan lemah dan penegakannya juga dinilai masih tebang pilih.

Selanjutnya menyangkut tantangan eksternal bagi bangsa Indonesia, Alirman Sori menyebutkan, saat ini adalah, tak adanya batasan-batasan wilayah dalam era globalisasi, misal pengaruh digitalisasi.

"Malah kini ekspansi asing yang mulai menjajah negara kita secara ekonomi dan politik negara ini," kata Alirman Sori.

Komentar