Serka Herwan Helmi Ajak Ibu PKK Sulap Lahan Kosong jadi Produktif

Metro- 03-06-2022 09:06
Babinsa Koramil 06/Koto Tangah, Serka Herwan Helmi motivasi ibu-ibu PKK manfaatkan lahan tidur jadi produktif, Kamis (2/6). (Foto : Derizon)
Babinsa Koramil 06/Koto Tangah, Serka Herwan Helmi motivasi ibu-ibu PKK manfaatkan lahan tidur jadi produktif, Kamis (2/6). (Foto : Derizon)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Salah seorang Babinsa Koramil 06/Koto Tangah, Kota Padang, Serka Herwan Helmi bersama pengurus PKK Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo yang jadi wilayah binaannya ubah lahan kosong jadi lahan produktif yang ada di kelurahan itu.

Dengan gencarnya, Serka Herwan Helmi mengajak masyarakat di wilayah binaannya itu, tentang gerakkan memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk dijadikan lahan produktif seperti dilakukan di RT 02/RW 14 di kelurahan itu.

Anggota Babinsa ini menyebutkan, dirinya bersama ibu-ibu PPK di wilayah binaan itu melaksanakan giat penanaman sayur mayur seperti kacang panjang, cabe, terung, tomat dan lainnya.

Baca Juga

"Dari pada tinggal, tak terolah, lebih baik kita tanami tanaman yang bermanfaat untuk menunjang ekonomi masyarakat," kata Serka Herwan Helmi kepada Arunala.com , Kamis siang (2/6) kemarin.

Dia mengatakan, pemanfaatan lahan tidur ini sebagai upaya mengurangi tumbuhnya rumput liar yang merusak pemandangan, juga dapat menghemat biaya belanja rumah tangga terutama untuk ibu-ibu.

"Pemanfaatan lahan kosong menjadi produktif ini salah satu program TNI dalam menciptakan ketahanan pangan. Ketahanan pangan perlu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kesulitan dalam memperoleh ketersediaan bahan pangan," ungkap Herwan Helmi.

Masyarakat, sebutnya, agar mau memanfaatkan lahan-lahan kosong di lingkungan pekarangan rumah masing-masing. Banyak manfaat bercocok tanam sendiri.

"Kita bisa memenuhi kebutuhan sayur-sayuran keluarga, tanpa harus membeli. Terlebih, dengan menanam sendiri, sayuran tersebut lebih terjamin mutunya karena tidak menggunakan pestisida. apa lagi menggunakan pupuk alam," pungkas dia.

Sementara itu Danramil 06/Koto Tangah, Kapten Inf Zaimal Candra menyampaikan kepada para jajarannya itu untuk memotivasi masyarakat di wilayah binaannya masing-masing untuk tetap mengolah lahan pertanian serta memanfaatkan lahan kosong yang ada dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

"Pembinaan ketahanan pangan perlu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kesulitan dalam memperoleh ketersediaan bahan pangan, sehingga dengan program ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan pokok dan menciptakan ketahanan pangan skala rumah tangga," kata Zaimal Candra.

Komentar