Wagub Sumbar Tinjau Sejumlah Pulau Jelang Berakhirnya PSBB

Metro-271 hit 27-05-2020 20:53
Wakil Gubernur Nasrul Abit didampingi Koordinator Satgas Covid Matra Laut Sumbar Yosmeri saat meninjau posko SatgasCovid Matra Laut, Selasa (26/6). (Dok : SatgasCovid Matra Laut Sumbar)
Wakil Gubernur Nasrul Abit didampingi Koordinator Satgas Covid Matra Laut Sumbar Yosmeri saat meninjau posko SatgasCovid Matra Laut, Selasa (26/6). (Dok : SatgasCovid Matra Laut Sumbar)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyampaikan pengawasan kapal dan nelayan dalam mendukung pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumbar berjalan baik.

Ini disampaikan Nasrul Abit saat melakukan monitoring ke posko Satgas Covid Mantra Laut Sumbar di kawasan Muaro Padang, Selasa (26/5) kemarin.

"Pelaksanaan PSBB di bagian laut ditujukan agar kapal dan nelayan yang keluar masuk Sumbar, khususnya di beberapa kawasan pesisir pantai bisa terpantau, sehingga penyebaran virus Corona melalui jalur laut bisa diatasi," kata Nasrul Abit saat itu.

Baca Juga

Jika nantinya Satgas menemukan adanya, katanya, nelayan yang terpapar Covid tentu dapat menindaklanjutinya dalam pelayanan kesehatan Covid yang ada.

Lalu dari pengamatannya di Posko Satgas Covid Matra Laut, Nasrul Abit menyebutkan tim dari Satgas ini telah menjalankan fungsinya dengan baik.

Dirinya berharap keberadaan tim Satgas ini dapat menjadi bagian sosialisasi bagi masyarakat nelayan agar mampu menjalankan protokol Covid karena PSBB akan berakhir.

Kemudian, seiring akan berakhirnya PSBB di Sumbar, Nasrul Abit berharap aktivitas kepariwisataan dapat tumbuh kembali.

"Sektor pariwisata merupakan salah satu program memajukan ekonomi Sumbar. Jika kegiatan ini kembali beraktivitas tentunya kehidupan masyarakat pesisir akan bangkit lagi dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," ungkap Nasrul Abit.

Terpisah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar sekaligus koordinator Satgas Covid Matra Laut Sumbar Yosmeri mengakui kalau posko Satgas dikunjungi Wakil Gubernur Nasrul Abit bersama rombongan.

"Itu dilakukan Pak Wagub Selasa kemarin di Muaro Padang," sebut Yosmeri saat dihubungi Arunala.com , Rabu siang (27/6).

Setelah ke posko Satgas, lanjut Yosmeri, Wagub dan rombongan meninjau pulau-pulau yang menjadi objek wisata khususnya yang ada di wilayah laut Kota Padang, seperti Pulau Pagang, Sirandah, Pamutusan, Sironjong, Sikuai dan Pulai Bintangor.

"Selama memantau pulau-pulau itu, kami dapati belum ada kunjungan wisatawan ke pulau-pulau itu sejak PSBB diterapkan," terang Yosmeri.

Sementara pada Rabu pagi (27/5) tim satgas yang dikoordinir Yosmeri juga melakukan pemantauan beberapa titik garis pantai, mengingat saat ini cuaca buruk dan tingginya gelombang laut di perairan Sumbar sedang berlangsung.

"Yang kami pantau sepanjang Rabu pagi tadi adalah pantai di sepanjang Muara Padang sampai ke bibir pantai Purus," jelas Yosmeri.

Dia menjelaskan rupanya para nelayan yang ada di sepanjang pantai yang dia pantau bersama tim satgas nyatanya sedang tidak melaut termasuk nelayan yang ada di Muaro Padang karena gelombang laut masih tinggi dan cuaca masih belum baik.

"Tapi ada beberapa nelayan bagan yang ada di Tiku Kabupaten Agam, lalu sebagian kecil nelayan di Surantiah Kabupaten Pesisir Selatan sudah ada yang melaut sejak Selasa malam (26/6). Sedangkan nelayan kecil seperti payang dan perahu tempel tadi tidak ada yang ke laut," kata Yosmeri.

Komentar