Unand Buka Pendaftaran SIMA Akademik-Ujian Tulis

Edukasi- 06-06-2022 16:09
Wakil Rektor I Unand Prof Dr Mansyurdin MS menjelaskan mekanisme jalur seleksi masuk (SIMA) Unand di Ruang Sidang Senat Lantai IV Rektorat Unand, Senin (6/6). (Foto : Fajril)
Wakil Rektor I Unand Prof Dr Mansyurdin MS menjelaskan mekanisme jalur seleksi masuk (SIMA) Unand di Ruang Sidang Senat Lantai IV Rektorat Unand, Senin (6/6). (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Kabar gembira bagi lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat tiga tahun terakhir di Sumbar.

Universitas Andalas (Unand) telah membuka penerimaan mahasiswa baru jalur seleksi masuk (SIMA) akademik-ujian tulis.

Pendaftaran melalui jalur tersebut dilakukan secara online mulai hari ini (6/6) hingga 25 Juni 2022.

Baca Juga

"Mulai hari ini (6/6), Unand membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur seleksi masuk (SIMA) akademik-ujian tulis. Tujuannya, memberikan kesempatan bagi lulusan yang mempunyai kemampuan akademik baik untuk menempuh pendidikan di Unand," kata Wakil Rektor I Unand, Prof Dr Mansyurdin MS, kepada wartawan, di Ruang Sidang Senat Lantai IV Rektorat Unand, Senin (6/6).

Jalur SIMA akademik ini, sebut Mansyurdin, sebenarnya terbagi atas dua. Selain dengan ujian tulis, juga ada SIMA akademik dengan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Untuk pendaftaran SIMA akademik dengan nilai UTBK ini dilakukan pada 28 Juni sampai 13 Juli mendatang," ungkapnya.

Mansyurdin menerangkan mekanisme SIMA akademik-ujian tulis ini. Untuk persyaratan, lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat tiga tahun terakhir dan memenuhi persyaratan kesehatan yang ditentukan oleh masing-masing prodi.

Untuk tahapan pendaftaran para lulusan dapat di cek melalui pmb.unand.ac.id/sima-akademik/.

Dimana, para peserta dapat memilih dua program studi baik Saintek maupun Soshum. Atau campuran dimana dua program studi Saintek dan Soshum.

"Untuk itu para pendaftar harus mengikuti seluruh tahapan pendaftaran tersebut dengan baik," ucap Mansyurdin.

Dalam seleksi SIMA akademik dengan ujian tulis ini, sebut Mansyurdin, Unand bekerja sama dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

"Unand hanya melakukan pembukaan pendaftaran dan pelaksanaan ujian tulis saja. Sementara soal, pelaksanaan ujian tulis dan skoring dilakukan oleh LTMPT," ungkapnya.

Ia mengatakan pelaksanaan ujian tulis dilakukan pada 27 sampai 28 Juni 2022. Di mana materi ujiannya, untuk kelompok Saintek berupa tes potensi skolastik (TPS), Bahasa Inggris, serta tes kompetensi akademik (TPA) Saintek.

Materi ujian kelompok Soshum berupa TPS, Bahasa Inggris serta TPA Soshum.

"Selanjutnya, materi ujian kelompok campuran berupa TPS dan Bahasa Inggris serta TKA Saintek dan Soshum," papar Mansyurdin seraya mengatakan untuk seleksi 29 Juni sampai 3 Juli.

Pengumuman hasil ujian akan diumumkan pada 6 Juli mendatang. Dan pendaftaran ulang dilaksanakan pada 18 sampai 23 Juli medatang.

Untuk diketahui, pada tahun ini ada lima varian SIMA Unand. Pertama, berdasar kemampuan akademik (SIMA Akademik), berdasar prestasi unggul (SIMA Prestasi).

Kemudian, SIMA Penyandang Disabilitas, berdasar kerja sama pemerintah daerah (SIMA Kerja Sama) serta mahasiswa internasional (SIMA Internasional).

Rincian daya tampung SIMA Unand ini berkisar 40 persen. Untuk SIMA Prestasi/Difabel/Kerja Sama maksimal 10 persen, SIMA Akademik-ujian tulis minimal 15 persen dan SIMA Akademik dengan nilai UTBK minimal 15 persen.

Komentar