Irsyad Syafar Ingatkan Ibadah Haji bukan untuk Jalan-jalan

Metro- 06-06-2022 16:21
CJH Kloter III Embarkasi Padang saat menaiki tangga pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah, hari ini (6/6). (Dok : Istimewa)
CJH Kloter III Embarkasi Padang saat menaiki tangga pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah, hari ini (6/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Proses pemberangkatan calon jamaah haji (CJH) Embarkasi Padang masih berlangsung. Sebanyak 784 CJH baik Kloter I dan II sudah tiba di Madinah.

Hari ini (6/6) sekitar pukul 14.26, sebanyak 393 CJH Kloter III diterbangkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah.

Keberangkatan CJH Kloter III asal Agam, Limapuluh Kota, Sijunjung, Sawahlunto, Solok Selatan, Kepulauan Mentawai dan Padang ini diiringi gerimis dan awan tebal.

Baca Juga

Namun hal ini tak menyurutkan semangat CJH untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

"Ibadah haji intinya secara keseluruhan, bapak-ibu berangkat ke sana pergi beribadah memenuhi panggilan Allah. Bukan pergi jalan-jalan, bukan pergi berbelanja," kata Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Syafar didampingi Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar, Miswan, saat pelepasan CJH Kloter III, di Aula Makkatul Mukarramah Asrama Haji, Minggu (5/6) malam.

Ia menceritakan pengalamannya menjadi petugas haji dan beberapa kali menunaikan ibadah haji dan kebetulan dulu kuliah di negara tersebut, jamaah haji setiap pulang dari masjid, ditangannya ada saja yang baru dibeli.

"Mungkin waktu berangkat ke masjid tidak ada niat. Tapi karena pulang dari masjid lewat depan toko jadi menarik, yang nggak diniatkan jadinya dibeli," cerita Irsyad.

Ia mengatakan 42 hari lebih kurang pengalaman bapak Ibu itu luar biasa nikmat Allah yang mahal.

"Saya menyarankan rencanakanlah berbagai amal soleh. Kalau bisa membaca Al Quran minimal khatam sekali 30 juz," imbuhnya.

Ia mengatakan pergi haji itu untuk menambah dan menaikkan level iman.

"Manusia imannya fluktuatif, turun naik. Kita beribadah haji dengan segala biaya, waktu, tenaga dan pikiran, bina iman kita. Tapi para ulama mengatakan iman tak akan naik kalau amal tak bertambah. Pergi haji tujuannya menambah iman," pesan Irsyad.

Ketiga pesan Irsyad Syafar, jaga nama baik bangsa dan negara. "Jadilah orang yang peduli dengan sesama, ringan tangan mau berbagi sebagai ciri khas jamaah haji Indonesia dan Sumatera Barat," tandasnya.

Komentar