Ketua DPRD Dharmasraya Rapat Virtual Bersama Presiden RI

Metro- 25-04-2022 13:09
Ketua DPRD Pariyanto ikuti rapat peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVI tahun 2022 secara virtual bersama Presiden Jokowi, Senin (25/4). (Dok : Istimewa)
Ketua DPRD Pariyanto ikuti rapat peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVI tahun 2022 secara virtual bersama Presiden Jokowi, Senin (25/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: anto

Dharmasraya, Arunala - Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto bersama Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengikuti rapat peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVI tahun 2022. Rapat yang dilakukan secara virtual bersama Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah yang dilaksanakan di aula rumah dinas bupati, Senin (25/4). Rapat virtual tersebut dihadiri oleh Kapolres AKBP Nurhadiansyah, Kajari M Haris Hasbullah, Sekkab Adlisman, serta utusan Dandim 0310/SSD. Dalam sambutan Kemendagri, diwakili Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro menuturkan, semangat otonomi daerah dengan mewujudkan ASN yang proaktif."Kita perlu melakukan refleksi sejenak guna memahami kembali esensi filosofis dari diterapkannya otonomi daerah yang saat ini telah berusia 26 tahun," ujar Suhajar Diantoro. Katanya lagi, tujuan dari pelaksanaan otonomi daerah yaitu mendelegasikan sebagian kewenangan dan sebagian urusan pemerintahan. Terpentingnya lagi, lanjutnya, adalah menjadikan daerah untuk mencapai kemandirian Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP). "Dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang bisa memberikan efek peningkatan kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga dapat mempercepat serta terjadinya pemerataan pembangunan," kata Suhajar Diantoro. Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada daerah otonomi baru yang sudah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskal. Dengan adanya peningkatan tersebut diharapkannya dapat dimanfaatkan untuk program pembangunan dan kesejahteraan rakyat. "Kemudian kepada daerah yang masih rendah PAD-nya agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali beberapa potensi yang ada, sehingga dapat meningkatkan PAD nantinya," pungkas Suhajar Diantoro.

Komentar