Tak Penuhi Syarat Formil, Majelis KI Keluarkan Putusan Sela

Metro- 21-06-2022 16:51
Majelis Komisioner Komisi Informasi Sumbar gelar sidang SIP antara Eka Oktafrizon dengan pemerintahan Desa Sijantang, Selasa (21/6). (Dok : Istimewa)
Majelis Komisioner Komisi Informasi Sumbar gelar sidang SIP antara Eka Oktafrizon dengan pemerintahan Desa Sijantang, Selasa (21/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Ketua Majelis Komisioner Komisi Informasi (Majelis KI) Sumbar, Arif Yumardi memutuskan tiga perkara sengketa informasi publik yang telah diregister, dihentikan melalui keputusan sela.

"Putusan sela kami tetapkan karena tak terpenuhi empat hal syarat formil dan meminta pemohon meminta kembali permohonan informasi kepada badan publik pemerintahan Desa Sijantang," ujar Arif yang didampingi anggota majelis, Nofal Wiska dan Adrian Tuswandi.

Arif menyebutkan, salah satu syarat yang tidak terpenuhi yakni syarat formilnya, karena dipemeriksaan awal sidang sengketa pada Selasa (21/6), syarata ini tidak terpenuhi.

Baca Juga

Selain itu, putusan sela yang dikeluarkan majelis, ungkap Arif, karena tidak memenuhi jangka waktu pengajuan sengketa informasi publik.

Adapun tiga sengketa informasi yang sebutkan majelis tidak bisa dilanjutkan itu adalah sengketa beregistrasi nomor 11, 12 dan 13 Tahun 2022.

Sidang ini antara masyarakat dan pemerintahan Desa Sijantang di Kota Sawahlunto, terkait tak dipenuhinya permintaan informasi masyarakat atas nama Eka Oktafrizon selaku pemohon.

Eka meminta informasi terkait pengerjaan proyek fisik di Desa Sijantang, yang dianggarakan oleh APBDes dari 2015-2021, juga pendapatan desa sejak 2021-2022.

Komentar