Sudah 26 Parpol Milik Akun Sipol

Metro- 28-06-2022 15:04
Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani berikan penjelasan kepada wartawan menyangkut jumlah parpol yang sudah punya akun Sipol, di Padang, Selasa (28/6). (Foto : Arzil)
Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani berikan penjelasan kepada wartawan menyangkut jumlah parpol yang sudah punya akun Sipol, di Padang, Selasa (28/6). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Untuk pemilu 2024 ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendata ada 26 partai politik yang sudah tercatat dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang dibuat pemyelenggara pemilu ini.

Selanjutkan, pada 24 Juli 2022 mendatang, KPU memberi ruang pada parpol itu untuk mendaftar.

Informasi ini disampaikan Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani kepada sejumlah wartawan saat mengadakan pertemuan dengan awak media di Padang, Selasa (28/6).

Baca Juga

"Hingga Selasa ini (28/6), sudah ada 26 parpol yang memiliki akun Sipol KPU. Sistem ini merupakan layanan berbasis web yang disediakan KPU untuk parpol dan ini jadi syarat pendaftaran bagi parpol agar bisa jadi calon peserta pemilu," kata Izwaryani.

Dia menerangkan, bagi KPU sendiri termasuk juga bagi parpol nantinya, Sipol merupakan bagian dari komitmen terhadap keterbukaan informasi publik.

Masyarakat bisa mengakses informasi yang dibutuhkan terkait parpol seperti profil, kepengurusan, keanggotaan, susunan calon legislatif dan sebagainya.

Sedangkan, Komisioner KPU Sumbar yang lain, Gebril Daulai menyebutkan, pendaftaran parpol hanya bisa dilakukan lewat Sipol. KPU tidak menerima pendaftaran secara langsung.

"Melalui Sipol ini, parpol nantinya akan meng-input data parpolnya, baik itu susunan kepengurusannya, KTA dan dokumen lainnya," terang Gebril.

Dia melanjutkan, bagi parpol yang lolos ambang batas parlemen pada pemilu 2019, sesuai Keputusan Mahkamah Konstitusi No.55 tahun 2020, hanya dilakukan verifikasi administrasi.

"Tapi bagi parpol lainnya, harus menjalani 2 tahapan yakni verifikasi administrasi dan faktual," ungkap Gebril lagi.

Komentar