Banyak Penumpang KMP Ambu-Ambu Tak Terangkut ke Mentawai

Metro-641 hit 31-05-2020 20:45
Jumlah Penumpang yang menuju Mentawai sempat membeludak di Pelabuhan Bungus, Minggu malam (31/5). (Dok :Istimewa)
Jumlah Penumpang yang menuju Mentawai sempat membeludak di Pelabuhan Bungus, Minggu malam (31/5). (Dok :Istimewa)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Banyak dari calon penumpang KMP Ambu-Ambu yang akan berlayar ke Kepulauan Mentawai melalui pelabuhan Bungus tidak terangkut, Minggu malam (31/5).

Pasalnya, pihak ASDP selaku operator kapal memberlakukan aturan standar Covid mengingat masih berlakunya penerapan PSBB oleh Pemprov Sumbar hingga Minggu (7/6) mendatang.

'Kami memang menerapkan standar SOP Covid bagi penumpang di KMP Ambu-Ambu ini. Hal ini untuk menghindari penumpang agar tidak terjangkit virus corona saat di kapal," kata GM ASDP Cabang Padang, Arsil ketika dihubungi Arunala.com , Minggu malam (31/5).

Baca Juga

Dengan penerapan SOP Covid itu, lanjut dia, makanya jumlah penumpang KMP Ambu-Ambu dibatasi.

"Dengan adanya pembatasan, maka jumlah penumpang yang kami angkut sebanyak 120 atau 140 orang. Artinya 50 persen dari kapasitas angkut penumpang yakni 280 orang, dan untuk kendaraan sebanyak 18 unit untuk berbagai tipe," jelas Arsil.

Dia melanjutkan, akibat membeludaknya calon penumpang yang akan berangkat ke Mentawai pada Minggu malam itu, terpaksa tidak bisa terangkut semuanya.

Arsil juga menyebutkan, standar Covid yang ada di KMP Ambu-Ambu itu tidak sebatas pembatasan jumlah penumpang saja. Hal ini juga dilakukan pada bagian tempat tidur penumpang di kapal itu.

"Untuk tempat tidur penumpang di kapal itu juga kami atur yakni memperhatikan jarak aman (physical distancing), bahkan crew kapal juga diminta untuk memberikan imbauan tentang protokol Covid terhadap penumpang secara berkala selama dalam pelayaran berlangsung," kata Arsil.

Komentar