Dua Produk UMKM Asal Kota Pariaman Ikut Serta

Metro- 07-07-2022 10:18
Wako Pariaman, Genius Umar bersama Wako Padang Hendri Setpa dampingi Menparekraf Sandiaga Uno saat pameran AKI 2022 di Kota Padang, Rabu malam (6/7). (Dok : Istimewa)
Wako Pariaman, Genius Umar bersama Wako Padang Hendri Setpa dampingi Menparekraf Sandiaga Uno saat pameran AKI 2022 di Kota Padang, Rabu malam (6/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Dua produk UMKM asal Kota Pariaman turut diikutsertakan dalam pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Transmart Padang, Rabu malam (6/7).

Dua produk UMKM yang mewakili Kota Tabuik itu yakni Karupuak Baguak chips dari usaha milik Putri, dan Paris chips milik usaha Tio.

Malam itu, pameran tersebut dihadiri langsung Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, serta ada juga sejumlah bupati dan wali kota, termasuk Wali Kota Pariaman, Genius Umar didampingi Kadis Pariwisata Dwi Marhen Yono.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno menyebutkan pameran AKI 2022 kali ini bertemakan "Bicara apresiasi, cita rasa yang membuat rindu kembali berwisata".

Dan ia juga memberikan tips kepada para pelaku UMKM agar sukses dengan cara : kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas.

"Kami (Kemenparekraf, red) menghadirkan AKI 2022 ini karena ingin mendorong lebih cepat terlaksananya transformasi digital. AKI ini adalah rumahnya para pelaku UMKM yang kreatif, jika usahanya mau maju maka harus kreatif dan inovatif," ujarnya.

Ekonomi Indonesia sekarang, sebut Sandi, sedang berat dan mengalami tantangan, dan baru saja bergerak melawan pandemi. Namun semua harus tetap memiliki semangat pantang mundur.

"Makanya melalui penguatan ekosistem digital dalam sektor ekonomi kreatif di Indonesia jelas sangat berpengaruh terhadap pemulihan ekonomi dengan lebih cepat," tegasnya.

Sandi juga menyampaikan apresiasi kepada 27 UMKM finalis AKI 2022 dari Sumbar. Dan penyelenggaraan pameran AKI 2022 di Kota Padang kali ini, selain sebagai ruang apresiasi juga sarana promosi yang diharapkan dapat memperluas pasar terhadap produk dari para pelaku ekonomi kreatif.

"Selain untuk mendorong daya beli masyarakat, kehadiran AKI juga untuk mendukung kampanye #BanggaBuatanIndonesia dan mendorong target untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun 2022 dan 4,4 juta di tahun 2024," ujar Sandi

Kemudian, Sandiaga berpesan kepada masyarakat Sumbar, alangkah baiknya jika membeli sebuah produk tidak menjadi kategori rohali (rombongan yang hanya lihat-lihat). Tapi jadilah rojali(rombongan jadi beli) dan rogana (rombongan yang gak pake nawar, red)," kata Sandiaga Uno.

Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) yang diselenggarakan di 16 kabupaten kota di Indonesia tersebut menampilkan subsektor kuliner, kriya, fashion, aplikasi, film dan musik, agar mendorong daya beli masyarakat bangga buatan Indonesia.

Komentar