PLN Sumbar Bantu Alat Rice Miling untuk KUBE

Metro- 09-06-2022 16:32
Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum (KKU) PLN UIW Sumbar, Cipto Adi Sumartono disaksikan Wako Genius Umar saat serahkan bantuan alat rice miling bagi dua KUBE di Kota Pariaman, Kamis siang (9/6). (Dok : Istimewa)
Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum (KKU) PLN UIW Sumbar, Cipto Adi Sumartono disaksikan Wako Genius Umar saat serahkan bantuan alat rice miling bagi dua KUBE di Kota Pariaman, Kamis siang (9/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - PT PLN Persero Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) salurkan bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berupa mesin penggiling padi (Rice Miling Unit) modern kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Alat senilai Rp100 juta diserahkan pihak PLN Sumbar kepada penerima manfaatdi Desa Bungo Tanjuang, Kecamatan Pariaman Timur, Kamis siang (9/6).

Bantuan dari PLN Peduli tersebut secara simbolis diserahkan Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum (KKU) PLN UIW Sumbar, Cipto Adi Sumartono kepada penerima manfaat atas nama Fauzi dari Desa Bungo Tanjuang dan Riza Saputra dari Desa Marabau.

Baca Juga

Serah terima bantuan ini disaksikan langsung oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Sekko Yota Balad dan beberapa kepala OPD terkait, camat dan kepala desa.

"Hari ini PT PLN UIW Sumbar serahkan bantuannya berupa alat mesin penggiling padi atau rice miling unit modern senilai Rp.100jt yang langsung diterima oleh penerima manfaatdi Kota Pariaman," ujar Genius Umar.

Genius menjelaskan, ini merupakan bentuk transfer energi dari mesin diesel ke dinamo yang digerakan dengan tenaga listrik.

Beberapa bulan yang lalu, kami sudah melakukan diskusi dengan pihak PLN melihat beberapa pabrik penggilingan padi (Huller) di Kota Pariaman. Bagaimana kita bisa membuat energi hijau yang ramah lingkungan dan hemat energi.

"Saya piker, hal ini akan meningkatkan produktifitas penggilingan padi kita, disamping produksi meningkat juga memberikan kenyamanan bagi masyarakat," ujarnya.

Ini merupakan upaya PLN untuk mencontohkan kepada masyarakat cara menggiling padi yang ramah lingkungan dengan biaya energi yang lebih terjangkau, diharapkan masyarakat lain bisa menirukan hal yang sama.

Sebelumnya, lanjut Genius, Pemko Pariaman juga menerima bantuan sepeda motor listrik dari PLN, masyarakat Kota Pariaman harus tahu bahwa di masa depan mulai beralih ke energi listrik yang ramah lingkungan.

Sementara itu, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum (KKU) PLN UIW Sumbar, Cipto Adi Sumartono berharap melalui bantuan rice miling unit modern ini ketahanan pangan di Kota Pariaman jadi lebih terjamin karena sistem produksi dan hasil panen menjadi lebih stabil, beras yang dihasilkan pun lebih berkualitas.

"PT PLN UWI Sumbar berharap alat ini dapat menyebar keseluruh petani sehingga berani berinovasi dan memanfaatkan teknologi guna mendongkrak produktifitas dan menekan biaya operasional. Semoga sektor pertanian di indonesia khususnya di Kota Pariaman lebih maju, ekonomis dan lebih ramah lingkungan," ungkapnya.

Dia juga ucapakan terima kasihnya kepada Pemko Pariaman yang terus memberikan perhatian dan dukungan terhadap program PLN serta menyambut baik program TJSL usaha penggilingan padi dari tenaga diesel ke tenaga listrik ini.

"Semoga upaya yang kita lakukan ini menjadi nilai tambah bagisektor pertanian, perikanan dan peternakan Kota Pariaman sehingga dapat menjadi penggerak dalam meningkatkan ekonomi di Kota Pariaman," pungkas Cipto.

Komentar