FJKIP dan KI Saling Dukung Keterbukaan Informasi Publik

Metro- 01-04-2022 12:47
Ketua FJKIP Sumbar, Gusriyono melantik dan mengukuhkan pengurus FJKIP Kota Padangpanjang, Kamis sore (31/3). (Dok : Istimewa)
Ketua FJKIP Sumbar, Gusriyono melantik dan mengukuhkan pengurus FJKIP Kota Padangpanjang, Kamis sore (31/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpanjang, Arunala - Ketua Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Sumbar, Gusriyono menyebutkan, UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menjadi tameng kedua bagi wartawan dalam menjalankan profesinya selain UU pers.

"Dengan UU itu jelas berkolerasi dengan keberadaan FJKIP, yang bertugas memberikan informasi yang baik, benar dan berimbang pada publik, sehingga sebuah informasi yang ada bisa diketahui secara objektif," kata Gusriyono saat memaparkan materi menyangkut Keterbukaan Informasi Publik di pengukuhan pengurus FJKIP Kota Padangpanjang, Kamis sore (31/3).

Dia sedikit mengulas, FJKIP Sumbar dibentuk 2019 dan menjadi forum jurnalis KIP pertama di Indonesia.

Baca Juga

Gusriono juga mengatakan bahwa kaitan FJKIP dengan KI Sumbar adalah seperti sistem pendukung dalam keterbukaan informasi.

"KI dan FJKIP itu saling memberi penguatan terhadap keterbukaan informasi publik di Sumbar," kata Yono.

Menyinggung pengukuhan pengurus FJKIP Padangpanjang, Gusriyono mengatakan forum ini adalah yang ketiga setelah Pessel dan Bukittinggi.

"Dalam waktu dekat juga siap dibentuk FJKIP di Pasaman, Pariaman dan Padang Pariaman. Targetnya 2022 ini FJKIP sudah ada di 15 kabupaten dan kota," ulas Gusriyono.

Dia melanjutkan, dengan adanya FJKIP di Padangpanjang, berharap pemko setempat bisa mendukungnya dan bisa saling bekerja sama dan berkolaborasi dalam meningkatkan keterbukaan informasi publik.

Sementara Ketua Komisi Informasi Sumbar, Nofal Wiska, S.IP mengucapkan selamat atas pengukuhan FJKIP Padangpanjang. Ia berharap ini bisa memberikan kontribusi positif bagi perkembangan keterbukaan informasi publik di Kota Padangpanjang.

"Ini merupakan tugas berat dan tanggung jawab bagi FJKIP. Bagaimana menyukseskan program-program dan menyadarkan para birokrat, serta masyarakat di Kota Padangpanjang dalam hal keterbukaan informasi," tuturnya.

Adapun kepengurusan FJKIP Padangpanjang itu diketuai Alfian Yn, Wakil Ketua Ellefwirnofri, Sekretaris Rifnaldi, Bendahara Syafri Yanto. Dengan delapan bidang, di antaranya, Bidang Pendidikan, Sosialisasi, Advokasi, Litbang, Pemberdayaan Perempuan, Keagamaan, Sumbar Daya Manusia dan Kelembagaan.

Komentar