135 Calon Anggota Bawaslu Sumbar Lolos Administrasi

Metro- 13-07-2022 18:28
Ketua Timsel penerimaan calon anggota Bawaslu Sumbar, Hary Efendi Iskandar umumkan peserta yang lolos verifikasi berkas administrasi pendaftaran calon anggota Bawaslu Sumbar dalam jumpa pers, Rabu (13/7). (Foto : Arzil)
Ketua Timsel penerimaan calon anggota Bawaslu Sumbar, Hary Efendi Iskandar umumkan peserta yang lolos verifikasi berkas administrasi pendaftaran calon anggota Bawaslu Sumbar dalam jumpa pers, Rabu (13/7). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Tim seleksi penerimaan calon anggota Bawaslu Sumbar periode 2022-2027 menetapkan 135 pendaftar dinyatakan lolos dari seleksi Administrasi.

Hal itu disampaikan ketua timsel Hary Efendi Iskandar kepada sejumlah wartawan saat jumpa pers pengumuman hasil seleksi tes administrasi dokumen pendaftaran peserta, di Sekretariat Timsel di salah satu hotel di Padang, Rabu (13/7).

"Setelah kami lakukan pemeriksaan/verifikasi dokumen syarat pendaftaran calon anggota Bawaslu Sumbar yang jumlahnya 164 orang, kami akhirnya menetapkan sebanyak 134 orang yang lolos," kata Hary Efendi didampingi para timsel lainnya seperti Alim Harun Pamungkas SPd MPd, Beni Kharisma Arrasuli SH LLM, dan pihak Bawaslu Sumbar, Mafral di hari itu.

Baca Juga

Jumlah yang lolos itu, jelas Hary, setelah timsel berikan waktu perbaikan berkas persyaratan calon yang dimulai 30 Juni hingga 5 Juli 2022.

Dia juga menerangkan, jumlah peserta yang lolos itu nantinya akan mengikuti tes tertulis dan tes psikologi yang dilaksanakan hari terpisah.

"Untuk tes tertulis dengan sistem CAT, dilaksanakan pada Senin (18/7) dan lokasinya di UPT BKN Adinegoro Padang, sedangkan untuk tes psikologi pada Rabu (20/7) dan lokasinya masih menunggu penetapan dari Bawaslu RI, mengingat untuk tes psikologi bekerja sama dengan Polri," ujar Hary Efendi Iskandar lagi.

Kemudian menyangkut jumlah peserta yang yang tidak lolos verifikasi berkas syarat pendaftaran, terang Hary, totalnya berjumlah 29 orang.

"Dasar mereka tidak lolos disebabkan berbagai alasan, diantaranya ada 15 calon yang umurnya kurang dari 35 tahun, seperti yang disyaratkan. Lalu ada 12 calon berkas yang tidak lengkap meski sudah diberi waktu perbaikan, lalu ada 2 peserta yang undurkan diri," papar Hary.

Sementara anggota timsel yang lain Beni Kharisma Arrasuli SH LLM, menambahkan untuk tes tertulis dan tes psikologi, penilaiannya nanti diakumulasikan.

"Setelah dua bentuk tes itu diakumulasikan, maka timsel nantinya bisa me-ranking peserta sesuai nilai yang didapatnya dari hasil penilaian komulatif tadi," kata Beni Arrasuli.

Komentar