Jumlah TPS Pilkada Sumbar Alami Penambahan

Metro-329 hit 05-06-2020 23:50
Anggota KPU Sumbar Nova Indra saat ditemui TribunPadang.com, Kamis (5/3/2020). (Dok : Tribunpadang.com)
Anggota KPU Sumbar Nova Indra saat ditemui TribunPadang.com, Kamis (5/3/2020). (Dok : Tribunpadang.com)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar mengaku masih menunggu arahan resmi dari KPU RI menyangkut tindaklanjut dari tahapan pilkada 2020 yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Seperti apa arahan atau instruksi KPU RI hingga kini kami di KPU Sumbar masih menunggu kendati ada kabar pilkada digelar Desember nanti," kata Anggota KPU Sumbar, Nova Indra saat bincang-bincang dengan Arunala.com , di Padang, Kamis sore (4/6).

Menurut dia, saat ini KPU Sumbar sedang merancang jumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk pilkada nanti. Pasalnya dari hasil rapat dengan pendapatan (RDP) KPU RI dengan DPR RI baru-baru ini yang membahas jumlah pemilih pada satu TPS diperkecil atau dikurangi.

Baca Juga

"Alasannya supaya tidak terjadi kerumunan orang di TPS. Makanya dikurangi lah jumlah pemilih yang sebelumnya 800 orang pertama TPS menjadi 500 orang saja," jelas Nova Indra.

Dari pandangannya, dengan pengurangan jumlah pemilih di TPS ini ber konsekuensi dengan adanya penambahan TPS di Sumbar untuk pilkada nanti.

Dia mengestimasikan jumlah TPS yang bertambah itu lebih kurang mencapai 1.000 buah TPS.

"Yang sebelumnya kami siapkan 11.600 an TPS, namun dengan adanya estimasi penambahan menjadi 12.000 TPS di Sumbar," ungkap Nova Indra.

Dengan bertambahnya TPS itu, lanjut Nova Indra, tentu ber konsekuensi pula pada penambahan anggaran, baik untuk pelanggaran di tingkat KPPS, kemudian pengadaan APD bagi petugas penyelenggara, entah mungkin bagi petugas KPPS saja atau penyelenggara.

"Itu yang masih kami tunggu arahannya dari KPU RI, yang jelasnya kami akan lakukan kembali pemetaan dan pendataan ulang pemilih di TPS, sehingga didapat angka rillnya," kata Nova Indra.

Komentar