Pilih Ketua Definitif, GMNI Sumbar Gelar Konferda Pertama

Metro- 21-07-2022 18:03
Ketua caretaker DPD GMNI Sumbar, Yogi Yolanda bersama pihak penyelenggara gelar jumpa pers terkait Konferda I GMNI Sumbar, Kamis (21/7). (Foto : Arzil)
Ketua caretaker DPD GMNI Sumbar, Yogi Yolanda bersama pihak penyelenggara gelar jumpa pers terkait Konferda I GMNI Sumbar, Kamis (21/7). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sumbar gelar jumpa pers jelang pelaksanaan konferensi daerah (konferda) I yang bakal dilaksanakan di Kota Bukittinggi pada Jumat-Sabtu (23-24/7) ini.

Selain menggelar seminar nasional yang menitikberatkan pada aspek nasionalisme di Sumbar, konferda kali ini juga untuk memilih ketua dan kepengurusan DPD GMNI Sumbar definitif.

Penjelasan ini disampaikan ketua caretaker DPD GMNI Sumbar, Yogi Yolanda kepada sejumlah wartawan dalam jumpa pers hari itu.

Baca Juga

"Konferda kali ini merupakan momentum bagi alumni GMNI Sumbar, karena dengan kegiatan ini kami bisa melakukan konsolidasi dengan para alumni GMNI Sumbar yang tersebar di sejumlah kabupaten kota di Sumbar ini," kata Yogi Yolanda.

Selain itu, jelasnya, pelaksanaan Konferda PA GMNI I Sumbar ini juga sebagai upaya mengonter isu yang ada menyebutkan bahwa Sumbar tidak nasionalis.

"Sebenarnya anggapan atau pendapat seperti itu di Sumbar sangat tidak beralasan. Justru sebaliknya, dengan konferda ini kami nyatanya mengedepankan semangat nasionalisme dan persatuan," ujar Yogi.

Sedikit diulas Yogi, GMNI ini adalah organisasi mahasiswa yang tergabung kelompok Cipayung, dan organisasi ini mengusung ideologi marhaenisme.

Untuk di Sumbar sendiri, jelasnya, PA GMNI Sumbar baru berumur 1 tahun, dan di provinsi kepengurusannya belum definitif.

"Makanya, dalam konferda nanti di Kota Bukittinggi akan segera dilantik kepengurusan tingkat Sumbar yang difinitif," imbuh Yogi.

Sementara untuk kepengurusan kabupaten kota, Yogi menyebutkan sudah ada tujuh DPC GMNI yang terbentuk yakni Kota Padang, Tanahdatar, Mentawai, Pasaman, Pasaman Barat dan Kota Bukittinggi.

"Dari tujuh DPC tadi, baru empat yang definitif pengurusnya yakni Kota Padang, Tanahdatar, Mentawai dan Pasaman. Sedangkan tiga DPC lainnya seperti Pasbar, Solok dan Bukittinggi belum," papar Yogi.

Disinggung soal konferda nanti, Yogi menyampaikan akan ada sekitar 200 an alumni GMNI se Sumbar yang hadir.

"Namun untuk pemilihan calon ketua DPD GMNI Sumbar nanti, hanya empat DPC definitif, sedangkan tiga DPC yang dipimpin caretaker cuma hanya bisa mengusulkan calon saja," kata Yogi.

Sementara, SC Konferda I GMNI Sumbar, Lisa Febrianti menyebutkan, kegiatan yang mereka lakukan itu berlangsung dua hari yakni Jumat-Sabtu (23-24/7).

"Pada hari Jumat, kegiatan dilakukan berupa kuliah umum dari Ketua DPP GMNI yang juga Hakim MK, Arief Hidayat di UNP Padang. Sedangkan Sabtu diisi dengan seminar nasional dengan pembicaranya, Arief Hidayat dan Rokhmin Dahuri," sebut Lisa.

Dia melanjutkan, adapun mekanisme dalam pemilihan ketua dan pengurus definitif nanti, Lisa menyampaikan nanti bisa saja dalam bentuk voting dan juga musyawarah mufakat.

"Menyangkut berapa calon yang akan maju, jumlahnya bisa saja ada beberapa orang," kata Lisa tanpa merinci siapa saja calon yang akan maju nantinya di Konferda I GMNI Sumbar itu.

Komentar