Bank Nagari Syariah Padang Hadir di FesMina 2022

Metro- 28-07-2022 21:32
Stan Bank Nagari Syariah Cabang Padang di FesMina 2022 di Transmart Padang. (Foto : Fajril)
Stan Bank Nagari Syariah Cabang Padang di FesMina 2022 di Transmart Padang. (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Festival Ekonomi Syariah Minangkabau (FesMina) 2022 telah diresmikan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

Kegiatan FesMina, upaya meningkatkan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Sumbar ini berlangsung di Bank Indonesia dan Transmart Padang hingga Sabtu (30/7).

Bank Nagari Syariah Cabang Padang turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan FesMina 2022 ini.

Baca Juga

Dalam kesempatan tersebut, Bank Nagari Syariah Cabang Padang turut memperkenalkan dan menyegarkan ingatan masyarakat, bahwa Sumbar memiliki Bank Nagari Syariah yang memiliki produk yang komplit, termasuk layanan digital.

"Dengan diperkenalkan di FesMina ini, kami berharap masyarakat Sumbar semakin tahu dan mengenal akan produk Bank Nagari Syariah. Dan menyampaikan ke masyarakat bahwa bank syariah maju dan tak kalah dengan bank konvensional," kata Pemimpin Bank Nagari Syariah Cabang Padang, Heri Fitrianto, kepada Arunala.com , di Padang, Kamis (28/7).

Ia mengatakan pada Fesmina tahun ini, Bank Nagari Syariah cabang Padang mengusung tematik gadai dan konsumtif.

"Untuk produk dana, Bank Nagari Syariah memiliki tiga produk. Yakni, Tahari Junior, Sikoci Qurban dan Sikoci Umrah," paparnya.

Tahari Junior, sebut Heri Fitrianto, bisa diperuntukkan untuk anak mulai umur 1 hari hingga usia di bawah 18 tahun yang berniat ingin melaksanakan ibadah haji serta ingin memiliki buku tabungan atas nama sendiri. Simpanan dapat dicairkan hanya untuk melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji/ Umrah (BPIH).

"Kita sama-sama mengetahui antrean untuk berangkat haji saat ini cukup panjang. Makanya sejak dini anak-anak diberikan tabungan Tahari Junior ini. Saat berangkat haji nantinya, mereka masih dalam usia muda," ungkapnya.

Melalui FesMina 2022 ini, sebut Heri Fitrianto, masyarakat mengetahui dan mengenal akan produk Tahari Junior tersebut.

"Bahkan, kami juga akan menjajaki kerja sama dengan berbagai sekolah di Kota Padang untuk produk Tahari Junior ini," ucapnya.

Bank Nagari Syariah juga memiliki produk Sikoci Qurban. Diperuntukkan bagi nasabah yang ingin melaksanakan ibadah kurban.

Tabungan dapat dicairkan apabila sampai dengan masa kurban dan jumlah nilai kurban seharga 1 ekor kambing/1 ekor sapi atau sesuai harga kurban yang berlaku saat itu.

"Keuntungannya bebas biaya administrasi dan dapat menggunakan akad Mudharabah (bagi hasil) atau Wadiah (titipan). Produk ini pun nanti dikerja samakan dengan masjid yang selama ini juga telah mengumpulkan dana kurban peserta," ujarnya.

Kemudian, sebut Heri Fitrianto, produk Sikoci Umrah. Diperuntukkan bagi nasabah yang ingin merencanakan ibadah umrah.

"Tabungan hanya dapat dicairkan apabila biaya penyelenggaraan ibadah umrah telah terpenuhi atau sesuai ketentuan kementerian agama," sebut Heri Fitrianto.

Heri Fitrianto menyebutkan Bank Nagari Syariah juga memiliki gadai emas. Biaya pemeliharaan gadai emas di Bank Nagari Syariah termurah hanya Rp200 per gram per hari dengan biaya admin Rp20 ribu.

"Saat masyarakat membutuhkan pendanaan, tinggal bawa emasnya ke Bank Nagari Syariah. Insya Allah, prosesnya cepat dan murah. Jangka waktu sampai 4 bulan dan dapat diperpanjang/gadai ulang," paparnya didampingi Pemimpin Pembiayaan Konsumtif Bank Nagari Syariah cabang Padang, Ribka Abadi.

ProgramCashback Merdeka

Untuk konsumtif, sebut Heri Fitrianto, bank ini memiliki program Cashback Merdeka terhitung 4 Juli sampai dengan 31 Agustus. Program ini hadir khusus untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI Ke-77 tahun 2022.

"Ditujukan bagi para ASN, Pegawai dan Pensiunan yang mengajukan pinjaman baru, atau yang melakukan pembaharuan dan penambahan (top-up) pinjaman, atau yang memindahkan pinjamannya dari Bank Lain/Lembaga Keuangan lain ke Bank Nagari. Nasabah bisa dapatkan cashback sampai Rp1 juta dan souvenir," tuturnya.

Dalam iven tersebut, tambah Ribka, Bank Nagari Syariah Cabang Padang mengampanyekan produk KPR BPJS TK, pembiayaan kepemilikan rumah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

"Persyaratannya kartu BPJS Ketenagakerjaan berlaku minimal satu tahun dan slip gaji," ungkap Ribka seraya mengatakan di samping itu juga ada produk FLPP syariah bersubsidi.

Komentar