Yos : Dua Penumpang Sudah Penuhi Prosedur Protokoler Kesehatan

Metro-243 hit 08-06-2020 13:17
Calon penumpang mengisi dokumen kesehatan yang diberlakukan di BIM Padang Pariaman, Minggu (7/6). (Foto : Dyz)
Calon penumpang mengisi dokumen kesehatan yang diberlakukan di BIM Padang Pariaman, Minggu (7/6). (Foto : Dyz)

Penulis: Darizon Y | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menyatakan dua orang penumpang pesawat dari Jakarta ke BIM bukan lolos pemeriksaan di bandara kedatangan.

"Penumpang pesawat yang datang ke BIM menjalani pemeriksaan ketat dari tim gugus tugas Covid," kata Jalil Afni ketika prescon di Padangpariaman.

Menurut dia, petugas gugus tugas memeriksa dokumen kelengkapan penumpang ketika memasuki bandara BIM.

Baca Juga

"Selain itu, petugas juga melakukan swab pada sejumlah penumpang yang datang," ujar dia.

Sementara itu, lanjut dia, calon penumpung mau berangkat dari BIM ke daerah tujuan juga wajib melalukan rapid tes maupun swab atau PCR.

"Calon penumpung juga diwajibkan memenuhi persyaratan untuk bisa berangkat dengan menumpang pesawat. Bila semua persyaratan tidak lengkap, calon penumpang tidak bisa berangkat,"jelas Jalil.

Di sisi lain EGM Cabang BIM Yos Suwagiyono soal dua penumpang dinyatakan positif corona pada Sabtu (6/6) menyebutkan dua orang penumpang pesawat datang dari Jakarta pada 3 Juni 2019 . Dua orang tersebut juga sudah memenuhi syarat apa yang menjadi ketentuan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 32 dan Surat Edaran Nomor 5.

"Mereka telah memenuhi syarat. Dokumen perjalanan penumpang tersebut lengkap. Namun mereka melakukan rapid test. Kalau dari ini mereka kan sudah diperbolehkan untuk terbang," sebut dia.

Namun saat tiba di BIM, petugas melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan penumpang baru tiba di bandara. Selain pemeriksan dokumen penumpang dilakukan swab oleh tim gugus tugas bandara. Swab wajib dilakukan pada semua penumpang keluar dari bandara.

"Pada Sabtu (6/6) hasil swab kedua penumpang keluar dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang. Hasil swab dua penumpang dinyatakan positif," jelas Yos.

Dia menambahkan dua penumpang tersebut bukan lolos pemeriksaan di BIM, tapi berkat tes swab yang dilakukan di bandaralah mereka diketahui positif Covid-19.

Lanjut dia, tes swab yang dilakukan di BIM merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi Sumbar. "Pihaknya mengucapkan terima kasih atas hal tersebut demi memutus penyebaran virus corona," imbuhnya.

Sebelumnya dua orang penumpang asal Padangpariaman dan Kabupaten Limapuluh Kota dinyatakan positif corona dari hasil swab lab.fakultas kedokteran Unand pada 6 Juni 2020 .

Komentar