Asraf: Nama Komisioner dan ASN KPU Kota Solok Dicatut

Metro- 06-08-2022 17:07
Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil. (Dok : Istimewa)
Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil. (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Heboh masuknya nama seorang komisioner KPU Kota Solok dalam dalam Sistem Informasi PartaI Politik (SIPOL) di salah satu parpol usai mendaftar di KPU RI beberapa hari lalu, langsung direspon ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil.

Menurut dia, masuknya nama salah seorang komisioner KPU Solok dalam SIPOL salah satu parpol itu akibat dicatut orang tidak dikenal.

"Setelah kami teliti data SIPOL yang diturunkan KPU RI ke KPU Kota Solok, memang ditemukan nama komisioner itu di SIPOL, namanya dicatut," kata Asraf Danil saat dihubungi Arunala.com , Sabtu (6/8).

Baca Juga

Ketika siapa nama komisioner KPU masuk dalam SIPOL dan parpol mana yang memuat nama komisioner itu? Asraf Danil nyatanya enggan menyebutkan namanya.

"Yang jelas namanya dicatut, itu sudah ditanyakan pada yang bersangkutan," tegas dia.

Menurut ketua KPU Kota Solok itu, tidak mungkin komisioner ini menjadi pengurus partai politik, soalnya yang bersangkutan sudah dua periode jadi komisioner KPU Kota Solok.

"Apalagi para komisioner KPU sudah menandatangani fakta integritas, jadi tidak mungkinlah menjadi pengurus parpol," imbuh Asraf Danil.

Selain komisioner, ada juga nama ASN di sekretariat KPU Kota Solok masuk dalam SIPOL parpol.

"Bila komisioner KPU dan ASN jadi pengurus parpol tentunya copot atau berhenti," tukas Asraf Danil lagi.

Dalam hal ini, lanjutnya, KPU Kota Solok sudah melaporkan pada KPU Sumbar dan KPU-RI terkait nama komisioner dicatut masuk dalam SIPOL salah satu parpol tersebut.

"Surat klarifikasi telah kami kirimkan melalui KPU Sumbar selanjutnya diteruskan ke KPU RI, diantara isi surat itu menyangkut soal pencatutan nama salah seorang komisioner KPU Kota Solok ini," tandas Asraf Danil.

Asraf Danil menyebutkan dua nama di KPU Kota Solok masuk dalam SIPOL ini diketahui ketika melakukan pengecekan di website https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik.

"Ketika dimasukan nomor NIK ternyata terdaftar dalam SIPOL tersebut," pungkas dia.

Komentar