16 Anggota Pramuka Kota Pariaman Ikut di Jamnas XI

Metro- 10-08-2022 15:15
Wako Genius Umar melepas Kontingen Pramuka Kota Pariaman menuju Jamnas XI di bumi perkemahan Cibubur, Rabu (10/8). (Dok : Istimewa)
Wako Genius Umar melepas Kontingen Pramuka Kota Pariaman menuju Jamnas XI di bumi perkemahan Cibubur, Rabu (10/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Sebanyak 16 orang kontingen Pramuka Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Pariaman dilepas Wali Kota Genius Umar mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) XI tahun 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Rabu (10/8).

Jamnas XI yang diselenggarakan kali ini akan diikuti sejumlah kontingen se Indonesia, dan berlangsung dari 14 hingga 21 Agustus 2022 mendatang.

Pelepasan kontingen Pramuka Kota Pariaman itu juga dihadiri Ketua TP-PKK Lucyanel Genius, para kepala SD dan SMP, orang tua peserta dan pembina serta pengurus Kwarcab 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman di pendopo rumah dinas wali kota.

Baca Juga

Dalam arahannya, Genius Umar mengatakan anggota kontingen yang mengikuti Jamnas kali ini adalah kesempatan luar biasa karena tidak semua orang bisa mengikuti dan mewakili Kota Pariaman.

"Ada ribuan murid SD dan SMP di kota ini, namun yang terpilih hanya 16 orang, jadi harus bangga bisa terpilih mengikuti Jamnas kali ini, kata Genius Umar.

Sebagai Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman, Genius menerangkan di acara Jamnas, banyak peserta dari seluruh Indonesia yang kemudian menampilkan kesenian dan budaya masing-masing.

"Itu adalah pengalaman yang sangat beharga bagi peserta Pramuka. Ikuti semua kegiatannya dengan baik dan diharapkan dapat menjadi kebanggan bagi Pramuka di sekolah asalnya, dan kebanggaan bagi Kwarcab 16 Kota Pariaman," ucap Genius lagi.

Dia melanjutkan, semua stakeholder di Kota Pariaman juga diminta berkomitmen memajukan gerakan Pramuka dengan tujuan membawa anak-anak pada kegiatan yang positif.

"Kegiatan Pramuka penting untuk dilakukan, setiap Gugus Depan (Gudep) harus aktif dimasing-masing sekolah. Pramuka harus dijadikan ekstrakurikuler di sekolah yang wajib, karena untuk merubah kepribadian anak-anak, etika dan jati diri untuk menjadi lebih baik," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman, Hendri menyampaikan pihaknya sudah melakukan seleksi untuk Jamnas ini, dan akhirnya sebanyak 16 orang dinyatakan lolos seleksi dan ikut Jamnas di Cibubur.

"Kegiatan Jamnas ini dilaksanakan di bumi perkemahan Cibubur dan puncak acaranya akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

"Jamnas adalah puncak kegiatan dari penggalang dan ini adalah tempat bergembira dan bersilaturahmi dengan saudara-saudara dari 33 provinsi nantinya. Selain itu, tetap jaga nama baik daerah di Jamnas XI tahun 2022 di Cibubur," pungkas Hendri.

Komentar