Wagub Audy: Makan Ikan Bisa Bikin Anak Pintar

Metro- 12-08-2022 14:22
Wagub Sumbar Audy Joinaldy dan Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbar Desniarti bersama Kepala, Guru, murid TK Pertiwi Kantor Gubernur serta orang tua murid. (Foto : Fajril)
Wagub Sumbar Audy Joinaldy dan Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbar Desniarti bersama Kepala, Guru, murid TK Pertiwi Kantor Gubernur serta orang tua murid. (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar memperingati Hari Makan Ikan tingkat Sumbar di halaman kantornya, Jumat (12/8).

Peringatan yang dibuka oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy ini makin semarak saat dihadiri guru dan murid TK Pertiwi Kantor Gubernur.

"Untuk menciptakan generasi yang unggul, tangguh, anak-anak yang sehat dan cerdas, orang tua terutama ibu-ibu perlu memperhatikan asupan gizi kepada anak-anaknya terutama protein hewani," kata Wagub Sumbar Audy Joinaldy.

Baca Juga

Peringatan ini dihadiri pengurus Forikan provinsi, Kepala UPT Kementerian Kelautan dan Perikanan yang ada di Sumbar, murid TK Pertiwi Kantor Gubernur didampingi orang tuanya, Kepala Sekolah dan Guru serta staf dinas.

Salah satunya, sebut Audy, dari ikan. Pasalnya, ikan memiliki kandungan asam amino esensial yang lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh.

"Dengan protein yang cukup akan merangsang perkembangan otak, kekebalan tubuh lebih baik, motorik lebih aktif, anak juga menjadi sehat dan cerdas," tuturnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Desniarti dalam laporannya menyampaikan peringatan hari makan ikan tingkat Sumbar diperingati setiap tanggal 18 Juni, yang telah ditetapkan melalui Keputusan Gubernur No.523/613/2012 tanggal 30 Agustus 2012. Untuk tahun ini peringatannya diadakan tanggal 12 Agustus karena pada saat tanggal 18 Juni anak sekolah libur dan sekaligus untuk memeriahkan HUT ke-77 tahun RI.

"Penetapan hari makan ikan dimaksudkan juga untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan di Sumbar, yang saat ini konsumsi ikan Tahun 2021 baru 40.20 kg per kapita per tahun sedangkan tingkat nasional sudah 55,37 kg per kapita per tahun," tuturnya.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan pada peringatan Hari Makan Ikan tingkat Sumbar kali ini adalah memberikan makanan dari ikan kepada anak-anak TK, tebak nama ikan, lomba menangkap ikan, bazar aneka produk ikan oleh UMKM Perikanan dan lomba masak Sup Ikan yang diikuti oleh unit eselon III DKP.

Lomba masak sup ikan diikuti antusias oleh Staf DKP. Menurut dewan Juri semua Sup ikan yang dihasilkan enak dan masing-masing punya ciri khas.

Hal ini satu peluang untuk dikembangkan bekerja sama dengan hotel dan restoran, sehingga orang memiliki alternatif mendapatkan masakan dari ikan yang segar dan sehat.

Komentar