IWAPI Inisiasi Kerja Sama dengan PUM Netherland

Metro- 24-08-2022 21:29
Pengurus dan anggota IWAPI Kota Padang bersama perwakilan PUM Netherland. (Dok : Istimewa)
Pengurus dan anggota IWAPI Kota Padang bersama perwakilan PUM Netherland. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Padang melakukan gebrakan baru. Organisasi ini menginisiasi kerja sama dengan PUM Netherland.

Inisiasi MoU ini sendiri dilaksanakan di Hotel Santika Premiere Padang, Rabu (24/8).

Bentuk kerja sama yang telah disepakati adalah secara kontinu memberikan pelatihan dan training yang dilakukan langsung oleh trainer-trainer dari Belanda.

Baca Juga

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada para pengusaha perempuan untuk dapat memajukan bisnis masing-masing.

Bidang pelatihan pun akan disesuaikan dengan kebutuhan para pengusaha berada di bawah payung assosiasi IWAPI Kota Padang.

"MoU antara IWAPI dan PUM ini merupakan bagian dari program kerja bidang Humas dan Hubungan luar negeri," kata Wakil Ketua IWAPI Kota Padang, Cut Dona Kordelia, kepada Arunala.com di Padang, Rabu (24/8).

Turut hadir pengurus dan anggota IWAPI Kota Padang, Country Coordinator PUM Netherland Edith dan Logistic Coordinator PUM Ingrid. Ia berharap selain membuka jalan untuk hubungan internasional juga untuk memberikan broader knowledge kepada para pengusaha wanita.

"Dengan semakin mendigitalnya teknologi maka akan semakin besar pula kesempatan untuk mempromosikan usaha masing-masing bahkan sampai ke kancah International," harapnya.

Ketua IWAPI Kota Padang, Wilza juga menegaskan, IWAPI akan terus konsisten dengan visi dan misi asosiasi untuk terus membantu memajukan bisnis women entrepreneur di Kota Padang.

Wujud nyata dari MoU ini akan diawali dengan didatangkannya expert bidang marketing dan branding dari Belanda yang akan menjadi konsultan untuk anggota IWAPI selama 2 minggu.

"Pendidikan untuk anggota IWAPI dan pengusaha wanita lainnya ini juga akan secara rutin dilaksanakan sekali dalam 2 bulan. Bidang pelatihan dan konsultasinya akan berbeda-beda dan disesuaikan dengan kebutuhan ibu-ibu pengusaha ini," ungkapnya.

Untuk diketahui, PUM Netherland sendiri merupakan lembaga nirlaba dari Belanda yang secara konsisten mengirimkan expert-nya ke beberapa negara (termasuk Indonesia) untuk bisa memberikan konsultasi secara gratis demi kemajuan pengusaha kecil menengah.

Keberadaan PUM di Sumbar bukanlah hal yang baru. Beberapa usaha yang pernah dibantu PUM di antaranya RSB Cicik, air minum AIGA, Patisserie Belanti dan masih banyak lainnya.

Komentar