Bawaslu Usulkan Rp8,8 Miliar ke Wako Genius Umar

Metro- 13-07-2022 16:49
Wako Genius Umar saat menerima berkas usulan anggaran pengawasan untuk pilkada serentak 2024 dari Bawaslu Kota Pariaman, Rabu siang (13/7). (Dok : Istimewa)
Wako Genius Umar saat menerima berkas usulan anggaran pengawasan untuk pilkada serentak 2024 dari Bawaslu Kota Pariaman, Rabu siang (13/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Wali Kota Pariaman, Genius Umar, menerima kunjungan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kota Pariaman, dalam rangka koordinasi terkait usulan dana Hibah Pemilu 2024, di ruang kerja wali kota, Rabu siang (13/7).

"Untuk suksesnya pemilu maupun pilkada serentak 2024 mendatang, pihak Bawaslu agar juga diperhatikan juga masalah data pemilih, dan tentunya pemko akan segera melakukan rakor bersama untuk membahas berbagai persiapan, khususnya menyangkut anggaran, dana hibah dan berbagai kebutuhan lainnya," kata Genius Umar dalam pertemuan itu.

Kegiatan pemilu dan pilkada serentak 2024 nanti, jelas Genius, merupakan agenda besar bagi daerah dan juga pusat, sehingga kita berharap nantinya penyelenggaraanya dapat berlangsung dengan sukses dan lancar, untuk menjalankan amanah konstitusi dengan penuh tanggung jawab dalam hal ini Bawaslu sebagai pengawas pemilu.

Baca Juga

Genius mengimbau, agar semua pihak baik pemerintah maupun penyelenggara termasuk Bawaslu, juga terus melakukan koordinasi secara intensif, membahas dan merampungkan berbagai kebutuhan anggaran yang dibutuhkan secara efesien untuk menyukseskan hajatan besar ini.

Lebih lanjut Genius menyampaikan, agenda demokrasi mendatang telah ditetapkan oleh pemerintah danKPU, dimana untuk Pemilu 2024 akan digelar pada 14 Februari 2024, yang meliputi pemilhan Presiden, DPR, DPRD, dan DPD.

Sedangkan jadwal pemilihan gubernur, wali kota dan bupati dilaksanakan serentak di tahun yang sama, yaitu pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

"Saya berharap, agar Bawaslu selalu bersinergi dengan seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada yang akan datang. Untuk anggaran yang diusulkan, nantinya akan dikaji lebih lanjut oleh Sekda, selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), untuk dibahas dan merasionalkan kembali anggaran yang telah diusulkan tersebut, karena keterbatasan APBD Kota Pariaman," tutupnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan menjelaskan bahwa kunjungan ini selain koordinasi dengan orang nomor satu di Kota Pariaman, juga untuk meminta dukungan baik moril maupun materil, agar pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 di Kota Pariaman, dapat berjalan dengan aman, lancar, sukses serta badunsanak.

"Adapun kebutuhan anggaran pelaksanaan pengawasan pada pilkada serentak 2024 yang akan datang, sebesar Rp8,8 miliar, dimana sebelumnya telah kami usulkan sebesar Rp7,4 miliar. Perubahan tersebut karena adanya penyesuian besaran honorarium penyelenggaraadhoc, mulai dari Panwascam, Panwas Desa/Kel dan Pengawas TPS," terangnya.

Komentar