Genius Terima dari Tamu Japan Initiative

Metro- 25-07-2022 16:56
Wali Kota Genius Umar bersama tamu dari Japan Initiative Mrs Taki Kitada, yang datang ke Kota Pariaman, Senin (25/7). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Genius Umar bersama tamu dari Japan Initiative Mrs Taki Kitada, yang datang ke Kota Pariaman, Senin (25/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Wali Kota Pariaman Genius Umar menerima kedatangan tamu dari Japan Initiative Mrs Taki Kitada, dalam rangka memberikan sosialisasi tentang "Program Review" yaitu program yang melakukan pemeriksaan secara keseluruhan terhadap realisasi program pemerintah.

"Japan Initiative, adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (Non Governmental Organization/NGO) yang bergerak di bidang advokasi, dan pertemuan ini merupakan sebuah langkah pengenalan program dan penjajakan kerja sama antar lembaga, juga dengan pemerintah daerah", sebut Genius Umar, Senin (25/7).

Kedatangan Taki, disambut di Ruang Rapat Walikota Pariaman tempat diadakannya sosialisasi Program Review), serta dihadiri oleh Asisten I Yaminu Rizal, Asisten II Elvis Chandra, dan Kepala OPD yang terkait dengan kegiatan tersebut.

Baca Juga

Genius Umar mengungkapkan, sebelum Taki datang ke Kota Pariaman, beliau telah melakukan diskusi tentang hal tersebut, apakah program pembangunan yang dijalankan mampu mencapai tujuannya atau tidak.

"Saya rasa program review ini sangat bermanfaat sekali untuk menghasilkan model pembangunan yang efektif, karena dari hasil evaluasi program tersebut, akan menghasilkan rekomendasi perbaikan program yang telah ada", ujar Genius Umar.

"Kita akan lihat seperti apa program ini dilakukan setelah mendengarkan paparan dari Taki, lalu kita akan bahas dalam diskusi, apakah program ini cocok atau tidak dilakukan di Kota Pariaman, jika cocok kita akan lakukan sosialisasi sebelum program ini dijalankan", tuturnya.

Program Review merupakan metode untuk memperoleh masukan langsung dari masyarakat dalam mengevaluasi pelaksanaan dan hasil dari program pemerintah, baik dari program pembangunan fisik ataupun program pemberdayaan.

Sedangkan tujuan dari program review ini adalah agar mendapatkan prioritas utama, tentang apasaja kemubaziran dan hal tidak penting yang terjadi selama ini, dan program ini menekankan pada keterlibatan masyarakat sebagai penilai akhir dari program pemerintah yang dilakukan secara transparan dan melibatkan evaluator-evaluator ahli untuk memberikan pandangan.

Selain itu Taki juga menerangkan bahwa Kementerian Luar Negeri Jepang memberikan program review pembangunan berbasis masyarakat. Dua desa yang beruntung menjadi pilot projek ini adalah Desa Guwosari dan Sriharjo, kedua desa ini berada di Kabupaten Bantul Jogjakarta.

Taki berharap bahwaprogam reviewakan berakar disetiap daerah, dan berkembang sebagai demokrasi baru yang dimulai dari Asia. Khusus untuk program versi negara Indonesia baik pusat maupun pemerintah daerah, ini bisa menjadi demokrasi baru bersama-sama dari Asia yang dapat membanggakan kepada dunia.

Komentar