Layanan Telkomsel di Wilayah Sumbar Berjalan Normal

Metro- 13-09-2022 21:15
Ilustrasi kabel fiber optic. (Dok : Istimewa)
Ilustrasi kabel fiber optic. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Telkomsel memastikan layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak gangguan telah pulih dan dapat diakses dengan normal.

Sempat mengalami gangguan karena terputusnya fiber optic milik Telkom pada ruas Bangkinang - Pangkalan Koto Baru dan ruas Kota Pinang - Rantau Prapat itu sudah mulai pulih.

"Akses layanan Telkomsel di wilayah Sumbar telah pulih dan dapat diakses dengan normal sejak Selasa 13 September 2022 pukul 14.30. Pelanggan dapat mengakses layanan telekomunikasi, baik telepon, SMS, termasuk akses internet," kata General Manager Network Service Assurance Sumbagteng Telkomsel, Artha Abimanyu dalam keterangannya, Selasa (13/9) malam.

Baca Juga

Ia mengatakan percepatan pemulihan yang dilakukan merupakan wujud komitmen Telkomsel bersama Telkom Group dan seluruh pihak yang berkepentingan dalam memastikan pemenuhan kenyamanan pelanggan.

"Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan pelanggan kepada Telkomsel selama proses pemulihan layanan dilakukan," ucap Artha Abimanyu.

Seperti diketahui, jaringan operator telekomunikasi Telkomsel mengalami penurunan kualitas pada Selasa, 13 September 2022 siang di Sumatera Barat (Sumbar).

Akibatnya, sejumlah pelanggan setia provider tersebut tidak bisa mengakses internet hingga melakukan panggilan telepon. Sejumlah masyarakat Kota Padang, Sumbar, mengeluhkan hilangnya jaringan Telkomsel.

"Saya baru sadar sekitar pukul 11.00 saat buka gadget, ternyata memang benar hilang," kata salah seorang warga, Haris, 42 tahun.

Hal senada juga dikeluhkan Mulyadi, 32. "Kenapa ya hilang-hilang timbul sinyal Telkomsel. Susah untuk browsing maupun nelpon," keluh Mulyadi.

Terpisah, General Manager Network Service Assurance Sumbagteng Telkomsel, Artha Abimayu dalam keterangannya mengatakan terjadinya penurunan kualitas jaringan Telkomsel di beberapa wilayah di Sumbar dikarenakan terputusnya fiber optic milik Telkom pada ruas Bangkinang - Pangkalan Koto Baru dan ruas Kota Pinang - Rantau Prapat.

"Telkomsel menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan atas terjadinya penurunan kualitas jaringan Telekomunikasi di wilayah tersebut," kata Artha Abimayu.

Ia mengatakan Telkomsel bersama Telkom Group terus melakukan percepatan perbaikan serta sedang melakukan optimalisasi jaringan secara bertahap.

"Kami senantiasa berkomitmen memberikan yang terbaik dengan selalu berupaya menjaga kualitas layanan dan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan pelanggan serta masyarakat secara umum," tekadnya.

Komentar