AP II BIM Tanam Ratusan Bibit Cemara Laut di Pasie Jambak

Metro- 27-09-2022 13:46
EGM AP II BIM, Siswanto secara simbolis serahkan bibit durian montong kepada Wabup Padangpariaman, Rahmang di Pasie Jambak, Padang, Selasa (27/9). ( Foto : Arzil)
EGM AP II BIM, Siswanto secara simbolis serahkan bibit durian montong kepada Wabup Padangpariaman, Rahmang di Pasie Jambak, Padang, Selasa (27/9). ( Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Sebanyak 400 batang bibit cemara laut ditanam PT Angkasa Pura II cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ditanam di kawasan Pantai Pasie Jambak, Kota Padang, Selasa siang (27/9).

EGM AP II BIM, Siswanto tanam cemara laut dalam program TJSL AP II BIM di Pasie Jambak, Kota Padang, Selasa (27/9). (Foto : Arzil)
EGM AP II BIM, Siswanto tanam cemara laut dalam program TJSL AP II BIM di Pasie Jambak, Kota Padang, Selasa (27/9). (Foto : Arzil)

Selain penanaman bibit cemara laut, PT AP II BIM juga serahkan bantuan ratusan bibit buah-buahan untuk tiga nagari di Kabupaten Padangpariaman, serta pelepasan puluhan Tukik ke laut.

Dalam kegiatan itu, juga hadir Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang, Ketua Sea Turtel Camp Pasie Jambak Kota Padang, Pati Hariyose, Kadis LH Sumbar, pihak Otban wilayah VI Padang dan undangan lainnya.

Baca Juga

"Kegiatan ini adalah (penanaman cemara laut, red) merupakan aksi green action, AP II BIM di Pasie Jambak, dan juga penyerahan ratusan bibit buah-buahan untuk Kabupaten Padangpariaman," kata Executive General Manager (EGM) AP II BIM, Siswanto kepada Arunala.com di sela kegiatan hari itu.

Dia mengatakan, AP II BIM sangat konsen dukung apa yang dilakukan badan konservasi dan kelompok tani (Poktan), sekaligus membantu sejumlah mitra dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar BIM.

Terkait program PKBL atau program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari AP II BIM, Siswanto menyampaikan akan terus dilakukan.

"Sekadar diketahui, sejak awal 2022 hingga hari ini (Selasa, red) realisasi dana PKBL AP II BIM di Sumbar sekitar Rp25 miliar lebih. Jumlah dana untuk PKBL itu akan terus kami tingkatkan tiap tahunnya untuk program PKBL ini," ucap Siswanto.

Sedangkan, Wabup Padangpariaman, Rahmang menerangkan, persoalan jaga lingkungan jadi tanggung jawab bersama. Maka kepedulian terhadap lingkungan itu penting dijaga.

"Sejauh ini, pihak AP II BIM sudah sangat banyak berikan bantuan pada Pemkab Padangpariaman, baik bantuan dalam bentuk peduli i lingkungan, becak motor, bantuan untuk sekolah, rumah ibadah, dan lainnya. Ini merupakan bukti bentuk tanggung jawab AP II BIM menjaga lingkungan dan kemitraan," kata Rahmang.

Rahmang menjelaskan, dari sebuah literasi yang pernah dibacanya menyebutkan rasio perbandingan jumlah tanaman dengan manusia yakni 1 orang banding 7 atau 8 pohon.

"Jika hari ini, saat kita ada kegiatan di kawasan pantai Pasie Jambak ini berjumlah 100 orang, maka bibit pohon yang ditanam bisa mencapai 700 atau 800 pohon," tukas Rahmang.

Terkait bantuan bibit buah-buahan dari AP II BIM ini, Rahmang menilai hal itu jelas mampu berikan nilai tambah ekonomi masyarakat yang menerima bantuan bibit tersebut.

"Di saat bibit buah itu tumbuh dan sudah menghasilkan, maka masyarakat bisa menjadikannya sebagai sumber ekonomi mereka," ulas Rahmang.

Di sisi lain, nagari di Kabupaten Padangpariaman yang mendapatkan bantuan bibit buah-buahan seperti durian montong, mangga, manggis dan jeruk madu itu masing-masingnya Nagari Sikucua, Padang Alai dan Limau Puruik.

Komentar