Cegah Abrasi, DKP Sumbar Serah Terima 1.400 Cemara Laut

Metro- 19-09-2022 10:33
Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbar, Dr Ir Desniarti MM saat peninjauan dan serah terima cemara laut yang telah selesai ditanam di Nagari Nyiur Melambai Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Pessel, Sabtu (17/9). (Dok : Istimewa)
Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbar, Dr Ir Desniarti MM saat peninjauan dan serah terima cemara laut yang telah selesai ditanam di Nagari Nyiur Melambai Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Pessel, Sabtu (17/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Pessel, Arunala - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar melakukan pemeriksaan dan serah terima penanaman vegetasi pantai berupa cemara laut yang telah selesai ditanam di Kampung Sumedang, Nagari Nyiur Melambai Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan.

Cemara laut yang ditanami sebanyak 1.400 batang cemara laut dan pagar. Luas kawasan keseluruhan yang sudah ditanami sekitar 3,36 hektare yang berlokasi di muara sungai di pinggir laut.

"Cemara laut secara ekologi memiliki manfaat mencegah terjadinya abrasi, menahan kuatnya angin bagi pemukiman nelayan, menjadi ruang terbuka hijau dan menghasilkan green belt atau sabuk hijau," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Dr Ir Desniarti MM saat peninjauan, Sabtu (17/9).

Baca Juga

Secara ekonomi dan sosial bisa menjadi kawasan ekowisata, memberikan suasana sejuk dan teduh bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Bahkan, menambah lapangan kerja, menambah penghasilan masyarakat, menghasilkan pendapatan asli daerah serta memupuk jiwa gotong royong.

"Manfaat cemara laut sangatlah banyak, ditinjau dari sisi ekologi, ekonomi dan sosial. Walaupun tidak langsung dirasakan manfaatnya namun dapat dirasakan nanti oleh generasi mendatang," tutur Kadis DKP Sumbar seraya mengatakan kegiatan ini termasuk salah satu kegiatan yang mendukung visi dan misi Gubernur, yaitu program ke-4 bagian program Pengelolaan Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil.

Ia menyebutkan DKP Sumbar telah menanam sebanyak 17.020 batang dari tahun 2006-2021 di enam kabupaten kota wilayah pesisir. Dan, tahun ini, ditanam 1.400 batang di Nagari Nyiur Melambai Pelangai Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

"Kami mengucapkan terima kasih atas peran serta masyarakat dalam penanaman cemara laut ini," harapnya.

Dalam kunjungan tersebut masyarakat senang dengan adanya cemara laut ini dan berharap agar penanaman dapat dilanjutkan di tahun berikutnya.

Komentar