PJKIP Sumbar Adakan Penghargaan Buka Award 2022

Metro- 15-09-2022 18:37
Logo FJKIP Sumbar. (Dok : Istimewa)
Logo FJKIP Sumbar. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Memaknai sewindu keberadaan Komisi Informasi (KI) Sumbar, Persatuan Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (PJKIP) memprogramkan penghargaan Buka Award 2022 bagi badan publik yang berkomitmen kuat menjalankan UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Dalam rapat awal tim Buka Award 2022 PJKIP Sumbar, di Padang, Kamis (15/9), dirumuskan beberapa poin dan ketentuan pemberian Buka Award 2022 kepada badan publik baik Lokal maupun nasional.

PJKIP merupakan kelompok yang sudah berbadan hukum yang selama ini menjadi mitra kerja KI Sumbar dalam upaya memasiv-kan KIP di semua badan publik di Sumbar.

Baca Juga

"Buka Award 2022 dilaksanakan PJKIP sebagai wujud kerjasama mitra strategis dengan KI Sumbar. Tujuan Buka Award 2022 adalah untuk memperkuat KIP berdasarkan UU 14 tahun 2008," ujar Sekretaris PJKIP Sumbar, Zondra Volta, dalam rapat yang dihadiri hadiri Komisioner KI Sumbar, Adrian Tuswandi, Tim Ahli Ilham Aldelano Azre, Bendahara PJKIP Almudazir Rasyim, serta sejumlah anggota PJKIP Sumbar lainnya.

Almudazir menambahkan, tahap awal Buka Award 2022, nantinya akan disaring 16 nominator badan publik lokal maupun maupun nasional, untuk selanjutnya ditetapkan delapan badan publik penerima anugerah Buka Award 2022.

"Kenapa sebanyak itu? Jumlah ini sesuai dengan delapan tahun kelahiran KI Sumbar. Target kami, hingga akhir Oktober ini sudah didapatkan 16 badan publik sebagai nominator, untuk selanjutnya kita lakukan uji publik untuk mencari 8 calon penerima anugerah," jelas Almudazir.

Sementara itu, Komisioner KI Sumbar, Adrian menyampaikan, awalnya penghargaan Buka Award ini merupakan program KI Sumbar, guna memberikan penghargaan khusus di akhir periode jabatannya sebagai komisioner.

Karena periode jabatan Komisioner KI selama 4 tahun, maka anugerah Buka Award juga diberikan sekali empat tahun.

"Seharusnya, penghargaan Buka Award ini sudah yang ketiga kalinya, namun, karena sesuai hal, di akhir periode kedua lalu, program ini tidak bisa dilaksanakan. Jadi, penghargaan Buka Award 2022 ini baru yang kedua kalinya diadakan," ucap Adrian Tuswandi.

Dia berpesan kepada tim penghargaan Buka Award PJKIP Sumbar, untuk mencermati betul semua badan publik calon sebelum ditetapkan penerima anugerah. Kriteria dasarnya adalah niat, komitmen dan konsistensi badan publik dalam melaksanakan KIP.

"Mari bersama kita booming-kan KIP di Sumbar untuk menuju pemerintahan yang bersih dan transparan," pungkas Adrian Tuswandi.

Komentar