Pemkab Solsel Andalkan Super Tim untuk Terbuka Informasi

Metro- 31-10-2022 18:39
Bupati Solsel, Khairunas saat menerima kedatangan tim verfak KI Sumbar dalam monitoring dan evaluasi penerapan KIP di pemkab tersebut, Senin siang (31/10). (Dok : Istimewa)
Bupati Solsel, Khairunas saat menerima kedatangan tim verfak KI Sumbar dalam monitoring dan evaluasi penerapan KIP di pemkab tersebut, Senin siang (31/10). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Solsel, Arunala.com - Pemkab Solok Selatan (Solsel) dikunjungi tim verifikasi vaktual dari Komisi Informasi (KI) Sumbar, Senin siang (31/10).

Kedatangan tim KI Sumbar yang dipimpin Tanti Endang Lestari ke kabupaten itu untuk melakukan monitoring dan evaluasi penerapan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) pada PPID utama pemkab setempat.

"Pada pekan itu, tepatnya Senin (31/10) hingga Selasa (1/11) ini, ads tiga badan publik yang kami verifikasi faktual di Solsel ini, yakni PPID utama Pemkab Solsel, kemudian KPU dan Bawaslu setempat," kata Tanti Endang Lestari kepada wartawan, Senin (31/10).

Baca Juga

Di saat lakukan verifikasi ini, tim KI Sumbar diundang Bupati Solsel, Khairunas ke rumah dinasnya. Dalam pertemuan itu banyak hal dibicarakan terkait keterbukaan informasi publik di daerah itu.

Bahkan dirinya meminta tim KI Sumbar bisa berikan penilaian terhadap PPID Utama di pemkab itu.

"Saya minta KI Sumbar bersikap fair saja menilai, katakan di mana kurangnya PPID Utama saya," ujar Khairunas yang pernah meraih penghargaan sebagai tokoh Keterbukaan Informasi Publik Sumbar pada 2021 lalu.

Khairunas menyampaikan, dalam menjalankan roda pemerintahan di Solsel, dia membuat super tim. "Kalau super tim pastilah tidak ada informasi yang ditutup-tutupi," ujarnya didampingi Kadis Kominfo Solsel, Firdaus Jamal.

Sedangkan Firdaus Jamal menegaskan bahwa supporting bupati membuat PPID Utama mampu memberikan pelayanan terbaik dalam keterbukaan informasi publik.

"Kami ada playstore andoroid yang memudahkan pelayanan informasi publik ke masyarakat lewat PPID ASIK (AkseS InformasI PubliK)," ujar Firdaus Jamal.

Komentar