Sempat Berdebat, KI Sumbar Verfak PPID Padangpariaman

Metro- 03-11-2022 16:38
Tim KI Sumbar dipimpin Tanti Endang Lestari disaksikan Wabup Rahmang periksa dokumen KIP PPID utama Pemkab Padangpariaman, Kamis (3/11). (Dok : Istimewa)
Tim KI Sumbar dipimpin Tanti Endang Lestari disaksikan Wabup Rahmang periksa dokumen KIP PPID utama Pemkab Padangpariaman, Kamis (3/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala.com -- Pertemuan tim verifikasi faktual Komisi Informasi (KI) Sumbar dengan Wakil Bupati (Wabup) Padangpariaman Rahmang dan PPID Utama pemkab tersebut diwarnai perdebatan.

Pasalnya, saat tim dari KI Sumbar yang memeriksa secara detail dan faktual dokumen hasil isian kuisioner KIP 2022 yang telah diserahkan pemkab itu kepada tim monev KI Sumbar sebelumnya, sempat jadi perbincangan dari kedua belah pihak.

Dalam pertemuan yang dilangsungkan di ruang kerja wabup, Kamis (3/11) itu, Komisioner KI Sumbar, Adrian Tuswandi lalu menegaskan kehadiran pihaknya (KI Sumbar, red) ke Pemkab Padangpariaman hari itu.

Baca Juga

"Sekarang gini saja, kita buka kulit tanpa isi saja, semua yang diverifikasi faktual adalah fakta, dan apa yang kami lakukan hari ini ingin memperbaiki dan kesempurnaan tata pengelolaan pelayanan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Pemkab Padangpariaman," kata Adrian Tuswandi.

Melihat adanya keinginan KI Sumbar menata KIP di kabupatennya lebih baik, Wabup Rahmang lalu menegaskan kalau PPID Utama Padangpariaman telah bekerja all out dalam pengelolaan sampai inovasi.

"Ada berbagai inovasi yang telah kami buat untuk menerapkan KIP di kabupaten kami, misalnya menyediakan aplikasi playstore android, ada 1913 di diunduh publik sebanyak 140.077 kali," ujar Rahmang.

Bagi Pemkab Padangpariaman, sebut dia, KIP adalah jaminan untuk terciptanya pemerintahan yang clean and good governace.

"Kami telah berkomitmen untuk terbuka dan menyediakan informasi secara mudah, murah dan cepat kepada masyarakat, jadi dengan komitmen dan penyediaan perangkat memudahkan masyarakat mendapatkan informasi, kami berharap dalam monev KIP 2022 ini, bisa mendapatkan predikat Informatif," ujar Rahmang.

Sementara ketua tim verfak KI Sumbar, Tanti Endang Lestari menyebutkan kunjungan mereka ke pemkab itu langsung disambut Wabup Rahmang dan sejumlah kepala OPD-nya "Adanya wabup dan sejumlah jajarannya saat menyambut kedatangan kami, mengisyaratkan adanya komitmen Pemkab Padangpariaman ini dalam pengelolaan KIP," kata Tanti Endang Lestari.

Komentar