Genius Berikan Tiga Jurus Peningkatan Kinerja ASN Kota Pariaman

Metro- 03-10-2022 09:00
Genius Umar sampaikan beberapa hal penting dalam kinerja yang baik dan terukur dalam apel gabungan, bertempat di Halaman Balaikota Pariaman, Senin (3/10). (Foto : Istimewa)
Genius Umar sampaikan beberapa hal penting dalam kinerja yang baik dan terukur dalam apel gabungan, bertempat di Halaman Balaikota Pariaman, Senin (3/10). (Foto : Istimewa)

Penulis: MN. Putra

Pariaman - Tampil sebagai pembina apel gabungan di lingkungan Pemerintahan Kota Pariaman, Wali Kota Genius Umar, sampaikan beberapa hal kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang hadir mengikuti acara apel gabungan, bertempat di Halaman Balaikota Pariaman, Senin (3/10).

Genius jelaskan, semua OPD harus mempunyai SAKIP yang baik, kinerja yang baik dan terukur, dan kalau perlu kinerja pribadi kita ditingkatkan sebagai ASN, sehingga kontribusi kita kepada OPD kita, dan instansi pemerintah daerah kita, bisa terukur dengan lebih baik.

"Kita harus bisa mereformasi diri kita untuk berubah dan memberikan pelayanan terbaik, serta mempercepat pelayanan kita kepada masyarakat dengan melakukan tiga hal yaitu, pertama speed (kecepatan), kedua inovasi, ketiga marketing", ungkap Genius.

Baca Juga

Pertama, dalam bekerja orang yang cepat akan mengalahkan orang yang lambat, bukan orang yang kecil dikalahkan oleh orang yang besar, oleh karena itu speed atau kecepatan sangat diperlukan sekali dalam bekerja.

Kedua adalah inovasi, inovasi harus selalu dilakukan untuk mengatasi berbagai keterbatasan, sehingga inovasi tersebut bisa menjalankan berbagai kebijakan daerah, menjalankan program daerah, dan menjalankan berbagai program untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, agar pelayanan kepada masyarakat bisa menjadi lebih baik.

Ketiga marketing, marketing merupakan bagian dari publik akuntabilitas, jadi apa yang dikerjakan harus harus dipertanggung jawabkan kepada rakyat dan negara, karena kerja yang dilakukan tersebut dibiayai oleh negara.

Selain itu Genius juga menyinggung masalah inflasi, Pemerintah Kota Pariaman akan terus membuat kebijakan yang mendukung untuk masalah tersebut, seperti menggelar bazar pangan murah, yang juga menggandeng KWT (Kelompok Wanita Tani) menjual hasil panennya, dalam upaya untuk mengendalikan harga pasar.

"Saya juga menginstruksikan kepada Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3), agar mengaktifkan penyuluh yang ada untuk mengajak para petani dan kita semua, menanam bahan kebutuhan pokok, sayuran dan buah di pekarangan dan lahan yang ada, sehingga kita dapat meningkatkan ketahanan pangan di daerah", jelasnya.

Menutup arahannya, Genius juga menghimbau ASN untuk ikut bersama-sama dengan pemerintah Kota Pariaman mengembangkan wisata sport tourism di Kota Pariaman, agar wisata Kota Pariaman bisa semakin maju dan dikenal oleh dunia luar.

Beliau berharap, semua ASN bisa terus bekerja secara bersama-sama, terpadu, menjadi team work yang baik, untuk mencapai tujuan daerah, mencapai visi misi daerah, dan mencapai rencana strategis daerah Kota Pariaman. (*)

Komentar