Warga Piladang Diajak Rutin Periksakan Kesehatan ke Puskesmas

Metro- 16-11-2022 05:19
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo beserta istri foto bersama dengan staf Puskesmas Piladang. (Dok : Istimewa)
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo beserta istri foto bersama dengan staf Puskesmas Piladang. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Limapuluh Kota, Arunala.com - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) tidak hanya tempat berobat saja. Namun Puskesmas juga sebagai tempat konsultasi bagi kesehatan masyarakat.

"Kami lihat tadi ada beberapa warga memeriksakan kesehatannya, seperti gula darah, kolesterol, dan asam urat, yang mana hal itu harus diketahui secara dini," ujar Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo saat peresmian gedung baru UPTD Puskesmas Piladang, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluh Kota, kemarin.

Bupati Limapuluh Kota dan Forkopimda didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas Piladang melakukan pengguntingan pita peresmian Penggunaan Gedung Baru UPTD Puskesmas Piladang.

Baca Juga

Bupati juga melakukan peninjauan ke sejumlah ruangan pelayanan Puskesmas yang telah selesai dibangun satu tahun lalu itu. Dan, penandatanganan Komitmen tidak Buang Air Besar Sembarangan.

Ia mengimbau melalui wali nagari, masyarakat harus rutin memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas.

"Tidak ada gunanya kita bangun Puskesmas kalau sekiranya masyarakat sakit dulu baru datang. Jadi itulah tugasnya yang kita berikan kepada kader-kader posyandu dan kader kesehatan lainnya untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat secara menyeluruh," jelasnya.

Kemudian katanya, Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat pertama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Puskesmas memiliki peran penting dalam membangun kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya. Pembangunan kesehatan masyarakat seyogyanya dilakukan secara berkesinambungan dan melibatkan semua sektor," tegas Safaruddin.

Ia berharap kepada pimpinan di UPTD Puskesmas Piladang untuk menjaga gedung yang baru ini dengan sebaik-baiknya.

"Untuk itu mari kita rawat dan jaga bangunan ini, menjaga peralatan dan meningkatkan sumber daya manusia," ajaknya.

Sementara itu Kepala UPTD Puskemas Piladang, Neldawati menyebutkan, Puskesmas ini menghadirkan berbagai inovasi dalam melayani masyarakat.

Inovasi ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai layanan dari Puskesmas.

"Selain inovasi BASABALAH, Puskesmas juga memiliki dua inovasi lainnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Yakni Gerakan Obat Keluarga Penyakit Hipertensi (GEROBAK PENSI) serta Minuman Hangat Segarkan Lansia (MIHASELA). Hari ini juga dilakukan penandatanganan Komitmen berbagai unsur masyarakat untuk tidak Buang Air Besar Sembarangan (STOP BABS)," ungkapnya.

Komentar