PAN segera Deklarasikan Pasangan Pilgub 2020

Metro-519 hit 24-06-2020 23:23
Sekretaris DPW PAN Indra Dt Rajo Lelo saat ditemui di ruangannya, kantor DPRD Sumbar, Rabu (24/6). (Dok : Istimewa)
Sekretaris DPW PAN Indra Dt Rajo Lelo saat ditemui di ruangannya, kantor DPRD Sumbar, Rabu (24/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Can | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Partai Amanat Nasional (PAN) diperkirakan beberapa hari ke depan akan mulai deklarasi untuk menjawab siapa kader atau calon yang bakal diusung partai pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Hal itu diungkapkan langsung Sekretaris DPW PAN Sumatera Barat (Sumbar) Indra Dt Rajo Lelo saat ditemui awak media di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Rabu (23/6).

"Bicara soal siapa calon yang akan maju sebenarnya sudah dipetakan dan dan para kader terbaik PAN tersebut sudah diberikan surat rekomendari. Kesiapannya sudah 90 persen, menunggu Surat Keputusan (SK) dari DPW PAN yang saat ini sedang digodok dan akan dirilis serentak beberapa hari kedepan," kata Indra.

Baca Juga

DPW PAN sendiri, sebut dia, memprioritas kader dan terkhusus yang hasil surveynya sudah mencukupi syarat. Kendati demikian penentuan siapa berpasangan dengan siapa tetap diserahkan kepada pengurus PAN di daerah kabupaten dan kota masing-masing.

"Kalau untuk kader kita tidak akan tawar menawar lagi, seperti biasa langsung disepakati asal surveinya mencukupi," katanya.

Terkait siapa calon yang diusung pada Pilgub dan Pilkada yang sudah direkomendasikan itu, pria yang juga Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Sumbar itu memastikan bahwa kader PAN untuk Pilgub adalah Bupati Padang Pariaman Ali Mukni.

"Kendati demikian, untuk posisi apakah sebagai calon gubernur atau wakil gubernur, secara keseluruhan diserahkan kepada yang bersangkutan. Karena bicara soal sosok dan pengalaman Ali Mukhni, merupakan kader paling cocok dari PAN," ujarnya.

Kemudian untuk kabupaten dan kota, siapa saja calon kepala daerah yang akan maju pada Pilkada 2020 ini, ia mengungkapkan yang sudah diberi rekomendasi yaitu untuk Kabupaten Padang Pariaman Suhatri Bur dan rencananya akan didampingi Rahman yang saat ini merupakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman.

"Tak hanya itu, untuk Sijunjung PAN merekomendasikan Ashelfine, untuk kanupaten Agam yaitu Andi Warman dan yang paling istimewa yaitu Kabupaten Solok yaitu Epyardi Asda yang diberi kebebasan memilih pasangannya sendiri," ungkapnya.

Indra Dt Rajo Lelo berharap baik gubernur dan kepala daerah yang terpilih nanti adalah sosok yang selalu memikirkan kepentingan masyarakat dan yang mau berbuat serta bermanfaat untuk masyarakat.

"Saya berharap kepada siapapun yang terpilih nantinya, baik itu dari PAN sendiri atau bahkan tidak dari PAN, saya harap bisa mengemban amanah dari masyarakat, dan mampu bekerja sebaik mungkin," tutupnya.

Komentar