Polsek Lubeg Ringkus Tiga Komplotan Curat

Metro-294 hit 25-06-2020 20:39
Satu Dari Tiga Tersangka Pencurian Laptop.  (Dok : Istimewa)
Satu Dari Tiga Tersangka Pencurian Laptop. (Dok : Istimewa)

Penulis: Can | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Tiga komplotan pencuri dengan pemberatan (curat) diringkus unit Opsnal Polsek Lubuk Begalung (Lubeg), Selasa (23/6) sore.

Ketiga pelaku memiliki peran berbeda dalam melakukan aksinya. Yulfizar alias Buyuang Gomok (46), merupakan pelaku utama yang melakukan pencurian di salah satu rumah kontrakan yang berada di kawasan Lubeg.

Pelaku lainnya yakni Imam Rakes (22) yang berperan sebagai perantara yang menjual barang curian dari pelaku Buyuang kepada penadah bernama Iqbal Suhendra (25) yang merupakan tersangka ketiga.

Baca Juga

Untuk Iqbal, dia bertugas sebagai penadah barang curian dan menjual barang hasil curian tersebut melalui jual beli online.

Kapolsek Lubeg AKP Andi P Lorena menjelaskan, penangkapan ketiga pelaku ini berawal adanya laporan polisi Nomor LP/123-B/VI/ 2020 / Sektor Lubeg pada Selasa 23 Juni 2020 , karena telah terjadi pencurian sebuah laptop di sebuah rumah kontrakan di saat rumah tersebut di tinggal pemiliknya disaat bekerja.

"Menanggapi laporan itu, unit Opsnal Polsek Lubeg langsung melakukan penyelidikan. Sore harinya anggota mengetahui bila laptop yang telah dicuri berada di postingan jual beli online melalui Facebook atas nama pelaku Iqbal," jelas Andi kepada wartawan, Kamis (25/6).

Berdasarkan hal itu, petugas menyusun rencana penangkapan dengan berpura-pura melakukan transaksi dengan pelaku dan janjian bertemu di sebuah rumah di Jalan Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan.

"Dan benar, Laptop tersebut dalam penguasaan pelaku penadahan. Kemudian dilakukan pengembangan terhadap si penadah dan didapati nama Imam sebagai perantara jual beli laptop kepada dirinya dan si tersangka utama bernama Buyung Gomok," ungkap Andi.

Ditambahkannya, dari keterangan pelaku Iqbal, didapati informasi atas nama Buyung Gomok sedang berada di daerah Pasar Gadang Kecamatan Padang Selatan, sedangkan pelaku bernama Imam yang berperan sebagai perantara tengah berada di kawasan Seberang Padang.

"Mendapati informasi itu anggota di bawah pimpinan Kanit Reskrim Polsek Lubeg Iptu Erimayendi langsung bergerak menuju lokasi dimaksud dan memang benar pelaku Buyung Gomok sedang duduk di sebelah gudang pinang di daerah Pasar Gadang dan langsung ditangkap," ungkap Andi.

Selanjutnya anggota bergerak ke daerah Seberang Padang untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku Imam. Selanjutnya pelaku dan barang bukti dibawa ke Mapolsek Lubuk Begalung untuk proses lebih lanjut.

"Barang bukti yang didapat berupa satu unit Laptop Acer warna hitam lengkap dengan charger dan mouse, satu buah obeng ujung tumpul warna gagang putih, satu helai baju kaos lengan panjang warna hitam coklat serta satu helai celana training panjang yang digunakan pelaku utama saat melakukan aksinya," terang Andi.

Dijelaskan Andi, modus pelaku yaitu melihat keadaan rumah kontrakan tersebut dalam keadaan sepi tanpa pemilik yang ditinggal pergi kerja pada siang hari.

"Kemudian tersangka masuk ke dalam dengan merusak kunci gembok pintu depan rumah kontrakan tersebut menggunakan obeng dan membawa 1 unit laptop lengkap dengan charger dan mouse," pungkas Andi.

Komentar