Wagub Sumbar Tebar 15 Ribu Bibit Ikan di Nagari Sikabu

Metro- 07-12-2022 21:23
Wagub Sumbar Audy Joinaldy didampingui Kadis DKP Sumbar Desniarti menebar 15.000 bibit ikan di Nagari Sikabu, Dharmasraya. (Dok : Istimewa)
Wagub Sumbar Audy Joinaldy didampingui Kadis DKP Sumbar Desniarti menebar 15.000 bibit ikan di Nagari Sikabu, Dharmasraya. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Dharmasraya, Arunala.com - Sebanyak 15.000 bibit ikan restocking air tawar dilepaskan Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Desniarti di Lubuk Larangan Sungai Batang Mimpi, Nagari Sikabau, Kecamatan Pulaupunjung, Kabupaten Dharmasraya, Rabu (7/12).

Adapun bibit ikan yang disebar adalah bibit ikan baung, nilem, dan ikan kering.

Pelepasan bibit ikan ini merupakan salah satu wujud dari program Pemprov Sumbar dengan 10 persen anggaran dari APBD untuk bidang pertanian (termasuk di dalamnya perikanan kelautan, pertanian, kehutanan, dan lainnya).

Baca Juga

Khusus untuk ikan, dilakukan penebaran di 15 kota dan kabupaten di Sumbar untuk 82 kelompok yang tersebar dengan total bibit mencapai 2,7 juta ekor bibit, salah satunya di Kabupaten Dharmasraya.

"Ada sekitar 15.000 bibit yang diberikan. Harapannya untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar sini," ujar Wagub Audy.

Selain memberikan bibit, Audy juga memberikan beberapa tips agar pemasaran perikanan di Nagari Sikabau bisa maju. Yakni dengan pelatihan hilirisasi perikanan dan pengolahan, untuk meningkatkan value produk.

Selain itu, pemanfaatan media digital untuk pemasaran juga perlu ditingkatkan.

"Coba kita perkuat sektor hilirisasi. Ini bisa belajar dari dinas perikanan, dan ada programnya, mulai dari hilirisasi perikanan laut dan tawar," tutur Audy.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Desniarti berharap dengan kegiatan restocking ini bisa menjaga kestabilan stok ikan di perairan umum dan mempertahankan sumber daya hayati khususnya ikan air tawar.

Melalui penebaran benih ini kebersihan sungai akan terjaga di sepanjang sungai. Tidak ada lagi masyarakat membuang sampah di sungai.

"Dan, pada akhirnya menjadi tambahan penghasilan bagi masyarakat sekitar. Pasalnya sungai yang ditebar ini menjadi destinasi wisata bagi masyarakat sekitar," harapnya.

Komentar