Tim Pelajar SMP IICS Raih Juara Pertama di WSC 2022

Metro- 14-12-2022 13:05
Tim juara WSC 2022 dari IPEKA Integrated Christian School (IICS) pada babak final WSC 2022 di Yale University, Amerika Serikat. (Dok : Istimewa)
Tim juara WSC 2022 dari IPEKA Integrated Christian School (IICS) pada babak final WSC 2022 di Yale University, Amerika Serikat. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Jakarta, Arunala.com --Pelajar asal Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa dalam kancah internasional.

Kali ini sebelas pelajar SMP IPEKA Integrated Christian School (IICS) dalam ajang World Scholar's Cup (WSC) 2022.

Tim IICS meraih juara pertama di babak final WSC 2022 bertajuk Tournament of Champions di Yale University, Amerika Serikat.

Baca Juga

Raihan ini sekaligus berhasil membuat Tim IICS menyingkirkan pesaing berat dari Amerika Serikat, Kanada, Uni Emirat Arab, serta Malaysia dalam ajang yang diikuti oleh sekitar 1.800 pelajar dari 60 negara.

Tim IICS yang terdiri dari sebelas pelajar tingkat SMP ini terdiri dari murid kelas tujuh, delapan, dan sembilan dengan kisaran usia 12-14 tahun.

Meskipun kesebelas murid IICS ini baru pertama kali mengikuti ajang internasional ini, selama perjalanannya tim IICS berhasil mengumpulkan puluhan piala atau trofi serta medali di WSC 2022.

Junior & Senior High School Administrative Principal IICS, Engelina Sutantio menyambut tim juara dari IICS pada Jumat, (9/12) dalam acara pengucapan syukur di Sekolah IICS, Jakarta Barat.

"Kami tentu saja bersyukur pada Tuhan, dan sangat bangga dengan prestasi anak-anak didik kami. Sungguh merupakan prestasi yang luar biasa. Kami percaya pengalaman di ajang WSC mengasah mereka di berbagai kecakapan interaksi dan teamwork antara satu sama lain, serta kegigihan untuk berusaha yang terbaik dalam mempersiapkan apa yang menjadi end goal mereka. Kami juga mengapresiasi orang tua murid kami yang begitu supportive sampai saat ini", ungkap Engelina.

Salah satu peraih Juara Pertama kategori Junior Division WSC 2022 dari IICS, Audrey Effendi mengungkapkan banyak pengalaman berharga dan membanggakan yang didapat dari ajang ini.

"Di kompetisi ini kami tidak hanya mempelajari hal baru dari kurikulum WSC, tetapi kami juga bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai belahan dunia. Momen yang paling tak terlupakan dan membanggakan adalah ketika melihat bendera Merah Putih berkibar di panggung Yale University," ujar Audrey.

Untuk diketahui, World Scholar's Cup (WSC) adalah kompetisi internasional bergengsi yang tidak hanya menguji kemampuan akademik siswa.

Namun juga memberikan kesempatan untuk bertemu dan bersosialisasi dengan siswa-siswa lain dari benua dan negara yang berbeda.

Pada kompetisi ini, siswa tidak hanya diajak untuk mengenal lebih dalam berbagai isu di dunia, tetapi juga dilatih kekompakannya dalam satu tim.

WSC digelar sejak tahun 2007, kemudian mulai tahun 2012, babak final dari kompetisi WSC atau Tournament of Champions dilaksanakan di Yale University yang merupakan salah satu universitas paling bergengsi di Amerika Serikat.

Pada tahun ini, kompetisi WSC diselenggarakan secara langsung atau offline. WSC Global Round diselenggarakan di lima kota dunia. Yaitu, Dubai, Praha, Bangkok, Nha Trang, serta Cape Town.

Jika lolos di babak Global Round, peserta akan diundang untuk mengikuti babak final yaitu WSC Tournament of Champions di Yale University.

Tahun ini WSC Tournament of Champions dilaksanakan pada 11-16 November 2022. Tim IICS pada tahun ini berhasil meloloskan kesebelas anggota timnya di Global Round, Bangkok hingga ke babak final WSC Tournament of Champions, bahkan menjadi tim terbaik pada kompetisi ini.

Terdapat empat bidang yang diuji dalam kompetisi WSC yaitu Collaborative Writing, Scholar's Challenge, Team Bowl, dan Team Debate. (*)

Komentar