Hadirkan Program Basinergi Mambangun Nagari

Ekonomi- 17-12-2022 20:49
Yaldi Caniago mewakili Kepala Unit CSR PTSP beri sambutan saat program Basinergi Mambangun Nagari (BMN), di di Kantor Sekretariat Forum Nagari Lambung Bukit, Sabtu  (17/12). (Dok : Istimewa)
Yaldi Caniago mewakili Kepala Unit CSR PTSP beri sambutan saat program Basinergi Mambangun Nagari (BMN), di di Kantor Sekretariat Forum Nagari Lambung Bukit, Sabtu (17/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Forum Nagari Kelurahan Lambung Bukit dan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang (PTSP) melaksanakan sosialisasi program Basinergi Mambangun Nagari (BMN) yang bertempat di Kantor Sekretariat Forum Nagari Lambung Bukit, Sabtu (17/12).

Tokoh masyarakat dan anggota Forum Nagari Lambung Bukit, saat ikuti sosialisasi yang diadakan PTSP, Sabtu (17/12). (Dok : Istimewa)
Tokoh masyarakat dan anggota Forum Nagari Lambung Bukit, saat ikuti sosialisasi yang diadakan PTSP, Sabtu (17/12). (Dok : Istimewa)

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Lurah Lambung Bukit, Defriandi. Dia menyampaikan terima kasih atas kepedulian dan sumbangsih dari CSR PTSP terhadap pembangunan di wilayah Lambung Bukit.

Kepala Unit CSR PTSP diwakili oleh Yaldi Caniago mengatakan, forum nagari merupakan perpanjangan tangan perusahaan PTSP.

Baca Juga

Peranannya sangat penting dalam pelaksanaan program ini.

"Program BMN bertujuan untuk menurunkan angka kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat terutama yang berada di lingkungan PTSP," tuturnya.

Yaldi Caniago juga memberikan apresiasi kepada pengurus Forum Nagari Kelurahan Lambung Bukit yang telah melaksanakan semua program yang disepakati pada Rencana Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat (RKPM) 2022 dengan baik.

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan sosialisasi dan juga Sekretaris Forum Nagari Lambung Bukit, Boni Ikhlas mengatakan program ini telah berhasil menurunkan angka kemiskinan, khususnya di wilayah Lambung Bukit.

"Lambung Bukit berdasarkan hasil survey IKM mengalami peningkatan dari sebelumnya sehingga untuk sementara di tahun 2022 ini Forum Nagari Kelurahan Lambung Bukit berada pada posisi kedua berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat yang mana keberadaan perusahaan naik dari 80,75 persen pada tahun 2021 menjadi 82,15 persen tahun 2022 serta penyelenggaraan Program CSR untuk masyarakat menurun dari 81,38 persen pada tahun 2021 menjadi 80,16 persen pada tahun 2022," ujarnya.

Koordinator LCO CSR PTSP, Vivi Dharma juga menjelaskan, untuk usulan program yang akan dilaksanakan di tahun 2023 yang akan dituangkan dalam RKPM 2023, ini diserahkan sepenuhnya kepada organisasi kelurahan, ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat, PKK dan lainnya.

Vivi menambahkan bahwa usulan tersebut nantinya akan dikumpulkan oleh Forum Nagari Lambung Bukit sesuai dengan 22 prinsip pemberdayaan dan kemudian diinput ke program yang diprioritaskan dengan tujuan akhir memberdayakan masyarakat dari tidak berdaya menjadi mandiri .

Dalam kegiatan sosialisasi ini turut hadir Tim Monitoring dan Evaluasi CSR PTSP, dan LCO Semen Padang di 12 kelurahan. (*)

Komentar