194,76 Gram Sabu dan 92.05,19 Gram Ganja Dimusnahkan

Metro- 21-12-2022 19:43
Prosesi pemusnahan barang bukti sabu dengan cara diblender di halaman BNNP Sumbar, hari ini (21/12). (Dok : Istimewa)
Prosesi pemusnahan barang bukti sabu dengan cara diblender di halaman BNNP Sumbar, hari ini (21/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar memusnahkan barang bukti hasil tangkapan di tiga wilayah berbeda di halaman kantor BNNP Sumbar, hari ini (21/12).

Barang bukti (BB) dimusnahkan terdiri sabu-sabu 194,76 gram dengan cara diblender, dan ganja 92.05,19 gram dibakar di tong sampah.

Kegiatan tersebut dipimpin Kepala BNNP Sumbar, Kombes Pol Sukria Gaos dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Baca Juga

"Ini merupakan jumlah pengungkapan narkotika yang cukup besar untuk Sumbar. Barang bukti ini merupakan hasil tangkapan BNNP Sumbar di tiga wilayah berbeda," kata Kombes Pol Sukria Gaos dalam keterangan persnya.

Tiga wilayah berbeda itu," sebut Sukria Gaos, simpang Alahanmati Pasaman, Lubuksikaping Pasaman dan Silungkang Sawahlunto.

"Kami mengamankan enam tersangka. Dan dari pengembangan, narkoba ini dikendalikan oleh narapidana yang berada di dalam lembaga pemasyarakatan," tuturnya.

Tersangka, sebut Sukria Gaos, dijerat Pasal 115 Ayat (2), Jo Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 112 Ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU No 35 Tahun 2009 dengan ancaman pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun. Denda paling banyak Rp10 miliar dan paling sedikit Rp1 miliar.

Ia berharap pemusnahan barang bukti ini dapat memberi dampak positif terhadap penegakan hukum secara umum.

"Bahkan menjadi edukasi bagi masyarakat tentang kerawanan Sumbar terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika," harapnya.

Karena Itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama bersinergi dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor Narkotika (P4GN).

"Ini demi menciptakan masyarakat Sumbar yang sehat dan bersih dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba," harapnya.

Komentar