Amankan Nataru, Polda Sumbar Kerahkan 3.500 Personel

Metro- 22-12-2022 19:03
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di Lapangan Imam Bonjol. (Dok : Istimewa)
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di Lapangan Imam Bonjol. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - Polda Sumbar menerjunkan sebanyak 3.500 personel untuk mengamankan perayaan libur Natal dan tahun baru 2023. Mereka akan bertugas sejak Jumat (23/12/2022) hingga Senin (2/1/202 ).

Para personel itu akan ditempatkan di 39 Pos Pengamanan (Pos Pam), 25 Pos Pelayanan (Pos Yan) dan 1 pos terpadu di Bukittinggi.

Sasaran operasi mengamankan 70 gereja, 26 terminal, 9 pelabuhan, 3 bandara dan 25 stasiun kereta api.

Baca Juga

"Data itu fleksibel. Jika perlu tambahan personel, akan kita tambah nantinya. Nanti dibantu personel TNI dan instansi terkait lainnya," kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di Lapangan Imam Bonjol Padang, hari ini (22/12).

Prinsip dikedepankan dalam pengamanan natal dan tahun baru 2023 adalah kebersamaan dan integrasi.

"Dapat kita lihat tadi pada apel siaga, dihadiri unsur forkopimda plus. Unsur masyarakat juga turut membackup dalam kelancaran, keamanan dan ketertiban dalam operasi Lilin dan Tahun Baru 2023," sebutnya seraya mengatakan termasuk pada pengamanan pada diri masing-masing.

Karena, sebut Kapolda, atensi Presiden dan Kapolri, natal dan tahun baru tahun ini harus aman. Tidak ada lagi hal-hal yang membuat resah dan sesuatu menjadi gaduh.

"Kami mengimbau kepada masyarakat Sumbar, agar dalam pelaksanaan ini sukses dan lancar, aman dan tertib terkendali lakukanlah semuanya yang terbaik. Tidak perlu kumpul-kumpul dengan massa banyak. Apalagi adanya aksi-aksi kontraproduktif dengan tujuan utama mewujudkan ketertiban dan keamanan di wilayah hukum Sumbar," imbau Kapolda.

Dalam pengamanan nataru ini, sebut Suharyono, patut diwaspadai yakni terorisme. Mengacu pada kejadian di Jawa Barat dan Polsek Astanaanyar, jangan sampai terjadi lagi dengan kasus sama.

"Ini otomatis kegiatan preemtif dan preventif akan melakukan operasi tertutup andaikata ada terjadi. Alhamdulillah sampai saat ini di Sumbar masih terkendali," tuturnya.

Komentar