Belasan Petugas Penyelenggara di Siberut Tunggu Hasil Swab

Metro-165 hit 01-07-2020 13:15
Kantor KPU Kepulauan Mentawai. (Dok : mentawaikita.com)
Kantor KPU Kepulauan Mentawai. (Dok : mentawaikita.com)

Penulis: Darizon Y | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Belasan petugas penyelenggaran Pemilu di Kecamatan Siberut Tengah, Kabupaten Kepuluan Mentawai telah menjalani uji Swab.

"Uji Swab dilakukan Selasa (29/6) di Kecamatan Siberut Tengah," kata Ketua KPU Mentawai Eki Butman ketika dihubungi Arunala.com dari Padang, Rabu (1/7).

Mereka menjalani uji Swab karena sebelumnya hasil rapid test mereka dinyatakan reaktif. Itu berdasarkan hasil rapid test yang mereka jalani pada Jumat (26/6) lalu.

Baca Juga

Sekarang ini, sebut Eki, mereka masih jalani tahap isolasi mandiri sambil menunggu hasil Swab.

Eki menambahkan, pelaksaan rapid test bagi penyelenggara itu untuk memastikan kesehatan mereka jelang dilanjutkannya pelaksanaan tahapan Pilkada, yakni verifikasi faktual (verfak) dukungan pasangan bakal calon perseorangan.

"Meski hasil rapid test reaktif, belum tentu dipastikan positif Covid-19," jelas Eki.

Namun, kata dia, antisipasi penyebaran Covid-19 sangat perlu dilakukan, salah satunya dengan menyarankan yang bersangkutan untuk isolasi mandiri dan tidak ikut melaksanakan tahapan Pilkada.

"Untuk menjaga keselamatan penyelenggara dan masyarakat atau pihak terkait lainnya, belasan orang harus menjalani isolasi mandiri sampai menunggu hasil tes swab. Jika hasil tes swab negatif, mereka bisa melanjutkan tugasnya lagi," ujarnya.

Eki menambahkan, isolasinya belasan petugas penyelenggara itu, maka KPU Mentawai lakukan rekrutmen verifikator untuk melakukan verifikasi faktual pasangan perseorangan calon kepala Pilkada 2020.

"Sekarang ini sedang dilakukan verifikasi faktual bapaslon perseorang, maka KPU rekrutmen verifikator agar tidak terganggu tahapan Pilkada 2020," imbuh dia.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar menyebutkan belasan petugas penyelenggara pemilu telah menjalani uji Swab di Kecamatan Siberut Tengah.

"Tim medis gugus penanganan Covid-19 Mentawai telah datang ke Siberut Tengah untuk melakukan uji swab pada belasan penyelenggara Pemilu," kata dia.

Komentar