Koki Melly, Masakan Rumahan Hadir di Pekanbaru

Metro- 28-12-2022 06:05
Rendang kemasan Koki Melly dibawa Makkah. (Dok : Istimewa)
Rendang kemasan Koki Melly dibawa Makkah. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - Siapa yang tak suka rendang? Masakan khas dari Sumbar ini telah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia.

Bumbunya yang kaya rempah serta proses memasaknya yang cukup lama dan membuatnya menyatu dengan santan, memberikan sensasi rasa yang nikmat.

Perihal itulah mendorong Melly Silviarina, ibu rumah tangga beralamat di Jalan Lobak, Pekanbaru, Riau ini membuka masakan minang rumahan.

Baca Juga

Per 1 Maret 2021 lalu, usaha dengan merek Koki Melly ini diluncurkan dengan spesialisasi rendang dan dendeng balado.

"Diawali saat saya memutuskan resign dari pekerjaan sebelumnya pada 1 Juli 2020. Untuk mencari kesibukan lain, saya pun beranikan diri membuka usaha masakan rumahan ini. Apalagi, masakan rendang termasuk salah satu makanan terlezat di dunia," kata Melly Silviarina, melalui direct message instagram miliknya @msilviarina.

Awalnya tidak langsung membuka usaha. Akan tetapi dia mencoba memasak rendang dengan rasa yang pas.

"Yakin dengan resep tersebut, per 1 Maret 2021 lalu mulai memberikan diri menerima orderan rendang dan dendeng balado kemasan," sebut alumni SMAN 1 Padang angkatan 1994 ini.

Ia mengatakan dalam pengolahan rendang dan dendeng ini menggunakan bahan berkualitas.

"Daging dipesan pada penjual daging dekat rumah yang telah dipercaya kualitasnya. Begitu juga bumbu masak pendukung rendang dan dendeng balado," tutur Melly seraya mengatakan saat ini masih dirinya seorang yang memasak rendang dan dendeng balado ini.

Dalam pemasaran, sebut Melly, awalnya dipasarkan ke tetangga terdekat, alumni sekolah, rekan kerja di perusahaan lama, dan famili.

"Pengantarannya menggunakan jasa kurir online, jasa pengiriman darat dan udara," tutur anak pertama dari lima bersaudara ini.

Ia mengatakan harga rendang sendiri 1 kg Rp300 ribu dan 1/2 kg Rp150 ribu. Pemasaran rendang dan dendeng balado ini kian berkembang sejak dipasarkan melalui media sosial.

"Alhamdulillah, rendang dan dendeng balado Koki Melly ini telah dibawa ke Makkah, Swiss, Malaysia dan beberapa kota di Indonesia. Tentunya memanfaatkan jasa kirim barang. Sementara untuk orderan dari Padang, Jambi dan Duri menggunakan jasa travel," ungkapnya.

Ia mengatakan peningkatan penjualan terasa di saat momen Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha.

"Ini dikarenakan saat berkumpul bersama keluarga, hidangan rendang wajib tersaji," ucap alumni Universitas Bung Hatta (UBH) ini.

Bahkan sebut Melly, menu usaha masakan rumahan ini pun makin bervariasi.

"Kami juga menyediakan rendang tuna, rendang cumi, dendeng batokok lambok balado, dendeng batokok kering balado. Ayam geprek level pedas plus frozen, ayam bumbu lengkoas plus cabai," paparnya.

Selanjutnya, udang tempura fresh dan frozen, cumi tepung fresh dan frozen, ikan situhuak balado petai fresh dan frozen, gulai ikan kakap santan paruh, bihun goreng.

"Selanjutnya, mie goreng, lontong gulai cubadak+telur+rendang+kerupuk," ungkap Melly.

Ia mengungkapkan InsyaAllah pada tahun 2023, Koki Melly akan melebarkan sayap dengan membuka toko. Sekaligus merekrut sejumlah karyawan.

"Insya Allah juga sudah ada sejumlah tawaran dari jajanan oleh-oleh di Pekanbaru. Bahkan sudah dipasarkan di Sukaramai Trade Center Pekanbaru," ungkap Melly.

Melly mengimbau bagi warga Pekanbaru sekitarnya maupun di luar Riau, yang ingin mencicipi rendang dan dendeng balado khas minang dapat memesannya di @kokimelly.

"Silakan DM saja, pesanan customer akan disiapkan dan dikirim," ajak Melly.

Komentar