Desrio Sebut DPD RI Bukan Tempat Pensiunan Politikus

Metro- 29-12-2022 23:48
Anggota DPRD Sumbar, Desrio Putra berikan keterangan kepada pada wartawan seusai serahkan syarat dukungan untuk maju DPD RI, di media center KPU Sumbar, Kamis malam (29-12-2022). (Foto : Arzil)
Anggota DPRD Sumbar, Desrio Putra berikan keterangan kepada pada wartawan seusai serahkan syarat dukungan untuk maju DPD RI, di media center KPU Sumbar, Kamis malam (29-12-2022). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Anggota Komisi 1 DPRD Sumbar, Desrio Putra memastikan diri maju sebagai bakal calon anggota DPD RI dari Sumbar untuk pemilu 2024 ini.

Ini disampaikan Desrio Putra kepada Arunala.com setelah dirinya usai menyerahkan syarat dukungan minimalnya ke KPU Sumbar, Kamis malam (29/12).

Syarat dukungan minimal sebanyak 2.773 dukungan tersebar di 16 kabupaten kota di Sumbar yang diserahkan Desrio itu merupakan tahap awal dari beberapa tahapan pencalonan anggota DPD RI yang harus dilalui Desrio Putra.

"Pertama saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah berikan dukungannya kepada saya untuk bisa ikut mencalon sebagai anggota DPD RI," kata Desrio Putra saat itu.

Dia menyebutkan, alasan dirinya ingin mencalon ke DPD RI bukan karena ada intrik di internal partainya yakni Gerindra Sumbar.

Sebaliknya, dia mengaku sampai saat ini dirinya masih nyaman di partai dan masih jadi anggota Komisi 1 di DPRD Sumbar.

Ketika ditanya bahwa untuk menjadi anggota DPD harus non partisan partai, sehingga hal itu akan berdampak posisinya di dewan.

Dalam hal ini Desrio mengatakan aturan jelas soal itu sebenarnya memang ada, namun aturan itu sedang di yudisial review di MK dan belum ada putusannya.

"Namun sepanjang yang saya ketahui, yang dimaksud non partisan parpol bagi anggota DPD RI itu apabila calon itu merupakan pengurus parpol yaitu ketua, sekretaris dan bendahara. Bila menjabat pengurus ini maka diharuskan mundur," terang Desrio Putra.

Dia menambahkan, apabila memang ada aturan anggota partai juga harus mundur dari partai yang berujung dengan PAW nantinya, dia mengaku siap untuk hal itu sepanjang ada dalam aturan perundang-undangan tentang pencalonan anggota DPD ini.

"Jika kita ingin maju, kita harus berani keluar dari zona nyaman. Kemudian meski kewenangan DPD kurang, namun DPD bisa melobi sejumlah kementerian untuk bantu pembanguan Sumbar," tukas Desrio Putra lagi.

Hal lain yang ditegaskan Desrio yakni DPD itu bukan tempat pensiunan para politikus.

"Sebaliknya, DPD merupakan ajang perjuangan memajukan daerah. Mengingat saya dari Sumbar, maka saya siap perjuangkan aspirasi dan suara masyarakat Sumbar di kancah nasional," pungkas Desrio Putra.

Komentar