UIN Bukittinggi Resmi Buka 4 Prodi Baru

Edukasi- 01-01-2023 16:52
Prodi baru yang dibuka UIN Bukittinggi di tahun ajaran 2023/2024. (Dok : Istimewa)
Prodi baru yang dibuka UIN Bukittinggi di tahun ajaran 2023/2024. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Bukittinggi, Arunala.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M Djamil Bukittinggi resmi membuka empat program studi (Prodi) Strata satu (S1) umum baru, yaitu: Program Studi Bisnis Digital, Statistika, Matematika dan Informatika.

Rektorat Universitas Islam Negeri Bukittinggi. (Dok : Istimewa)
Rektorat Universitas Islam Negeri Bukittinggi. (Dok : Istimewa)

"Pembukaan empat prodi baru di UIN Bukittinggi ini sesuai dengan salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) RI," kata Rektor UIN Bukittinggi, Prof. Ridha Ahida, M.Hum dalam rilisnya yang diterima Arunala.com , Minggu siang (1-1-2023).

Ridha Ahida menerangkan salinan dari Kemdikbud Ristek itu sebagai berikut: 1. Salinan Keputusan Nomor 897/E/O/2022 tentang izin pembukaan Prodi S1 Bisnis Digital; 2. Salinan Keputusan Nomor 884/E/O/2022 tentang izin pembukaan Prodi S1 Statistika; 3. Salinan Keputusan Nomor 929/E/O/2022 tentang izin pembukaan 2 Prodi yaitu Prodi S1 Matematika dan Prodi S1 Informatika.

Baca Juga

Ia mengatakan, pasca transformasi alih status dari Institut menjadi universitas, banyak mengalami perubahan signifikan.

Tidak hanya peningkatan mutu dan kualitas Pendidikan lewat Akreditasi, tapi juga melalui penambahan prodi-prodi baru.

Mendapati putusan Kemdikbud Ristek itu, Ridha Ahida bersama para wakil rektor dan para Kabiro, mengungkapkan rasa syukur mereka atas keluarnya izin keempat prodi itu.

"Alhamdulillah, empat prodi umum ini telah resmi mendapat izin dari Kemdikbud Ristek RI. Pembukaan prodi baru ini untuk menjawab tantangan sekaligus mengakomodir kebutuhan masyarakat terkait Prodi Umum yang popular dan banyak diminati," tuturnya.

Era digital saat ini, sambung Ridha Ahida, digandrungi kalangan generasi milenial yang juga menjadi faktor pendukung dibukanya Prodi Bisnis Digital.

Kemudahan transformasi digital menjadi sarana yang menjanjikan bagi prodi ini untuk tahun-tahun ke depan.

"Setelah berjibaku dengan segala kerja keras dalam proses penyusunan pembukaan Prodi. Akhirnya kerja keras dari Tim Borang yang SK kan oleh Rektor dan seluruh pihak terkait mendapatkan hasil yang menggembirakan," ujar Ridha Ahida lagi.

Sebagai Rektor UIN Bukittinggi, Ridha Ahida mengapresiasi kerja keras tim.

"Semoga pembukaan prodi baru ini menjadi mata rantai pembuka prodi-prodi baru selanjutnya. Melenggang di pentas UIN berarti harus siap bersaing dengan UIN besar lainnya. Satu persatu langkah telah ditempuh untuk memantaskan diri menjadi Universitas," ujarnya.

Sebagai informasi, prodi baru ini akan membuka penerimaan pendaftaran mahasiswa baru pada tahun akademik 2023/2024.

Dengan adanya penambahan prodi baru ini, UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi menargetkan membuka fakultas baru yaitu Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek).

Hal ini merupakan satu Langkah maju, ke depan UIN Bukittinggi diharapkan bisa melakukan langkah perubahan lainnya dengan mencetak alumni-alumni Saintis yang memiliki pondasi agama dan ilmu sains yang mumpuni. (*)

Komentar