Disdikbud Padang Tambah Durasi Belajar SD dan SMP

Edukasi- 03-01-2023 19:08
Kepala Disdikbud Kota Padang, Yopi Krislova. (Dok : Istimewa)
Kepala Disdikbud Kota Padang, Yopi Krislova. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - Pembelajaran semester dua tahun ajaran 2022/2023 di Padang sudah mulai digelar sejak Senin (2/1).

Namun demikian, ada sedikit perbedaan dengan semester sebelumnya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang menambah jam pelajaran bagi seluruh siswa SD dan SMP menjadi waktu normal.

Baca Juga

"Penambahan jam pelajaran itu hanya berlaku pada sekolah yang menerapkan satu shift. Sementara untuk sekolah yang menerapkan dua shift, menyesuaikan saja," kata Kepala Disdikbud Kota Padang, Yopi Krislova dikutip dalam laman Facebook Diskominfo Kota Padang, hari ini (3/1).

Ia menyebutkan, waktu belajar untuk satu jam pelajaran bertambah dari sebelumnya. Untuk SD yang sebelumnya 25 menit, menjadi 35 menit. Sementara untuk SMP bertambah dari awalnya 30 menit menjadi 40 menit.

"Dengan bertambahnya jam pelajaran itu berdampak kepada jam kepulangan siswa. Murid pulang menjelang sore," sebutnya. Yopi mengatakan saat ini pihaknya belum menerapkan 'full day school' di Padang.

"Kami masih menunggu penyelesaian Surat Edaran Depdikbud," kata Yopi.

Kalau nanti "full day school" diterapkan di Padang, murid SD dan siswa SMP di Padang akan belajar dari Senin sampai Jumat.

"Sementara ini Disdikbud Kota Padang baru mengeluarkan kebijakan Proses Belajar Mengajar (PBM) dilaksanakan enam hari belajar," paparnya.

Penambahan jam pelajaran itu diterapkan di beberapa sekolah di Padang. Salah satnya SD di kawasan Airdingin, Padang, penerapan tambahan jam pelajaran menjadi waktu normal itu diberlakukan hari ini. Jam kepulangan siswa sekitar pukul 14.00.

"Kami orangtua murid tentunya mendukung, sehingga siswa dapat fokus belajar di sekolah," kata Yeni, seorang warga Airdingin.

Komentar