Bawaslu Pessel Terbanyak Terima Dana DIPA 2023

Metro- 10-01-2023 22:26
Ketua Bawaslu Sumbar, Alni serahkan DIPA 2023 kepada Ketua Bawaslu Kota Padang Dorri Putra, di Bawaslu Sumbar, Selasa (10/1). (Dok : Istimewa)
Ketua Bawaslu Sumbar, Alni serahkan DIPA 2023 kepada Ketua Bawaslu Kota Padang Dorri Putra, di Bawaslu Sumbar, Selasa (10/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Secara keseluruhan anggaran yang Bawaslu di Sumbar baik untuk provinsi hingga kabupaten kota pada daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) 2023 ini berjumlah lebih kurang Rp170 miliar.

"Jumlah anggaran itu untuk komponen kelembagaan Bawaslu Sumbar dan Bawaslu kabupaten kota, termasuk didalamnya juga anggaran untuk panwascam, dan PPS desa/kelurahan," ungkap Ketua Bawaslu Sumbar Alni ketika ditemui Arunala.com di ruang kerjanya di kantor Bawaslu Sumbar, Selasa siang (10/1).

Adapun jumlah anggaran yang diperoleh masing-masing Bawaslu kabupaten kota itu, terang Alni besarannya bervariatif.

"Besaran anggaran itu tergantung pada beberapa kondisi. Pertama, jumlah kecamatannya, jumlah TPS-nya. Hal itu yang menyebabkan anggaran per kabupaten kota itu bervariatif," tutur Alni.

Dari 19 kabupaten kota itu, lanjut Alni, perolehan anggaran tertinggi itu diterima Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dengan jumlahnya sekitar Rp12 miliar, selanjutnya untuk Bawaslu Kabupaten Agam dan Kabupaten Padangpariaman sekitar Rp11 miliar.

"Sedangkan alokasi anggaran terendah ada di Kota Solok dengan besaran sekitar Rp6 miliar," tukas Alni lagi.

Ditanya, dari alokasi dana DIPA 2023 yang diterima masing-masing Bawaslu kabupaten kota termasuk provinsi itu, kemana saja prosinya?

Alni menjelaskan, sebenarnya komponen yang ada dalam anggaran itu secara garis besarnya itu sudah ditentukan, pertama alokasi anggaran untuk anggaran rutin, belanja modal dan belanja bahan.

"Kalau anggaran rutin itu kan berkaitan anggaran kepegawaian, gaji dan sebagainya.

Kemudian alokasi anggaran untuk belanja modal yang berkaitan dengan pengadaan, sedangkan belanja bahan yang berkaitan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan Bawaslu, jadi include-nya di situ," beber Alni lagi. Bagi Bawaslu Sumbar sendiri, terang Alni, porsi anggaranya pada DIPA 2023 yang diberikan Bawaslu RI, jumlahnya kecil.

Dari jumlah Rp170 miliar itu, Bawaslu Sumbar mendapat sekitar yakni sekitar Rp16 miliar.

"Selebihnya, sekitar Rp152 miliar lagi tersebar di Bawaslu 19 kabupaten kota di Sumbar. Dan ada juga anggaran cadangan sekitar Rp2 miliar yang ditempatkan di Bawaslu Sumbar," kata Alni.

Komentar