Jumat Depan, Bawaslu Sumbar akan Putuskan Hasil Sidang

Metro- 12-01-2023 14:06
Bakal calon Yan Firdaus saat bacakan kesimpulan atas laporan pengaduan di depan majelis sidang Bawaslu Sumbar, Kamis siang (12/1). (Dok : Istimewa)
Bakal calon Yan Firdaus saat bacakan kesimpulan atas laporan pengaduan di depan majelis sidang Bawaslu Sumbar, Kamis siang (12/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Dua sidang dugaan pelanggaran administrasi pencalonan anggota DPD RI di KPU Sumbar yang digelar dengan agenda pembacaan kesimpulan dalam sidang yang digelar Bawaslu Sumbar, di Padang, Kamis (12/1).

Pada sidang pembacaan kesimpulan, dua pelapor masing-masing Yan Firdaus dan Hanafi Zein terlihat hadir bersama para saksi mereka.

Sedangkan pihak terlapor terlihat hadir Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani bersama tiga orang komisioner yang lainnya yaitu Amnasmen, Izwaryani dan Yuzalmon, termasuk Sekretaris KPU Sumbar Firman.

Baca Juga

Pantauan Arunala.com pada sidang pembacaan kesimpulan hari itu, pihak Bawaslu Sumbar membaginya dalam dua jadwal.

Sidang pertama untuk laporan register 001 atas nama Yan Firdaus dimulai sekitar pukul 09.30 WIB hingga pukul 10.30 WIB, kemudian dilanjutkan pada sidang kedua dengan laporan register 002 atas nama Hanafi Zein yang berjalan tidak terlalu lama.

"Dalam sidang tadi, para pihak menyampaikan kesimpulan mereka secara tertulis kepada majelis sidang, dan kesimpulan ini akan jadi pertimbangan bagi majelis dalam mengambil keputusan nantinya," kata Alni seusai sidang.

Alni juga menjelaskan, dalam sidang untuk register 001 (Yan Firdaus, red), hasil kesimpulannya dibacakan langsung oleh pelapor ini, baru kemudian menyerahkan hasil kesimpulannya kepada majelis.

Sedangkan sidang laporan untuk register 002 (Hanafi Zein, red) kesimpulannya tidak dibacakan, namun menyerahkannya secara tertulis kepada majelis.

"Begitu juga dengan pihak terlapor (KPU Sumbar, red), hasil kesimpulannya terhadap dua laporan itu juga tidak dibacakan, namun dibuat tertulis lalu kemudian diserahkan kepada kami sebagai majelis sidang," tukas Alni lagi.

Ditanya kapan putusan sidang dugaan pelanggaran itu dikeluarkan Bawaslu Sumbar? Alni menjawab kemungkinan akan dilakukan pada Jumat (20/1) depan.

Komentar