Lulusan Harus Memiliki Kompetensi Sosial yang Baik

Edukasi- 14-01-2023 18:17
Prosesi Wisuda VI di Auditorium Unand, hari ini (14/1). (Istimewa)
Prosesi Wisuda VI di Auditorium Unand, hari ini (14/1). (Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - Seorang lulusan perguruan tinggi ikut memikul tanggung jawab keilmuannya untuk memajukan tingkat kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

Walaupun diterpa badai perubahan serta tantangan kehidupan masyarakat di masa depan yang semakin berat, yakin diri Anda akan sanggup berbuat yang terbaik.

"Masyarakat membutuhkan orang yang pandai dan terdidik. Namun itu tidak cukup. Orang pandai sudah banyak, kini kita lebih butuh sosok orang baik. Oleh karena itu jagalah martabat diri, bangunlah kepedulian dalam diri saudara, peka lah terhadap kehidupan lingkungan masyarakat," kata Rektor Universitas Andalas, Prof Dr Yuliandri SH MH, saat Prosesi Wisuda VI tahun 2022 di Auditorium Unand, hari ini (14/1).

Baca Juga

Wisuda VI ini seharusnya digelar akhir tahun dan dituntaskan hari ini (14/1).

Sebanyak 1.210 wisudawan berbagai strata. Rinciannya, lima orang Program Diploma Tiga, 805 orang Sarjana, 160 orang Profesi, 194 orang Magister, 27 orang spesialis dan 19 orang Doktor.

Ia menegaskan pastikan Anda menebar manfaat dengan dedikasi ilmu dan karya terbaik, berkontribusi membangun peradaban.

"Dalam menapaki kehidupan nyata setelah ini, jadikanlah hasil pembelajaran dan pengalaman selama di Universitas Andalas sebagai modal awal untuk berkarya," tutur Yuliandri.

Ada beberapa pilihan, sebut Yuliandri, yang diambil wisudawan setelah menamatkan kuliah.

Pertama, melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Dan, pilihan kedua adalah bekerja diberbagai sektor.

"Bagi mahasiswa yang ingin langsung terjun ke dunia kerja tersebut, Unand telah memberikan pembekalan tentang kondisi pasar kerja sebelum wisuda digelar," ucapnya.

Dalam pembekalan itu diberikan gambaran umum tentang kompetensi yang diinginkan dan kemungkinan bisa diterima oleh sebagian besar perusahaan.

"Para lulusan bisa mempedomani gambaran itu untuk meningkatkan kompetensi diri agar bisa langsung diterima di perusahaan atau lembaga yang diinginkan," ungkap Yuliandri.

Pilihan ketiga adalah membuka lapangan kerja sendiri. "Kita sudah beberapa kali bertemu dengan lembaga keuangan dan semua memberikan dukungan bila ada mahasiswa yang ingin membuka usaha atau mengembangkan usaha," kata Yuliandri.

Apapun pilihan yang diambil, ia meminta agar semua wisudawan terutama pada jenjang pendidikan Sarjana, Diploma, Spesialis dan Profesi yang telah mendapatkan tempat bekerja, melanjutkan studi, ataupun membuka lapangan kerja sendiri, bisa memberikan kabar ke almamater melalui kanal tracer studi yang disiapkan.

Komentar